Roboh, Los D Pasar Beringin Singkawang Direnovasi

by -254 views
Roboh, Los D Pasar Beringin Singkawang Direnovasi
Roboh, Los D Pasar Beringin Singkawang Direnovasi

Reaktifnews.com (Singkawang, Kalbar) – Bangunan blok D di kompleks Pasar Beringin di Jalan Kurau Singkawang Tengah Kalimantan Barat yang berdiri sejak 1973 atau setidaknya berusia 47 tahun akhirnya roboh. Sebagaimana diketahui, sejak puluhan tahun berdiri memang tak pernah sekalipun tersentuh renovasi. Kejadian robohnya los D pasar beringin ini berlangsung malam sekitar pukul 02:00 WIB dan tidak memakan korban jiwa.

Kepala dinas Disperindagkop dan UKM Singkawang, H Muslimin, Selasa (10/11/2020), saat meninjau lokasi robohnya bangunan tua yang berhampiran dengan lapak penjual daging dan ikan di kawasan Pasar Beringin ini mengatakan, sebenarnya los D ini memang akan segera direnovasi melalui APBDP Tahun Anggaran 2020 Singkawang.

“Bersyukur robohnya malam dini hari dan tidak ada aktifitas serta korban jiwa. Sebenarnya bangunan tua ini memang sudah dianggarkan untuk sementara direnovasi. Tapi keburu roboh, ini namanya pucuk dicinta ulam pun tiba selorohnya.

 Muslimin melanjutkan bahwa diperkirakan bulan depan atau sekitar tiga minggu kedepan bangunan yang setidaknya dapat menaungi Lima puluhan lapak jualan ini bisa ditempati kembali oleh pedagang. Sebelumnya sejak empat hari yang lalu juga pihaknya telah menghimbau para pedagang di lokasi kejadian agar bergeser sementara tak jauh dari lokasi semula.

“Bulan depan atau 3 mingguan dari sekarang rencananya sudah bisa kembali difungsikan pedagang. Kita juga sudah himbau mulai Sabtu tadi supaya pedagang bergeser sementara,” tuturnya.

Awalnya ada beberapa pedagang yang enggan untuk pindah, namun pihak Disperindag bersikeras memberikan pemahaman ke pedagang tersebut. Nantinya bangunan baru blok D ini berkonstruksi baja dan disesuaikan dengan master plan pembangunan kawasan Pasar Beringin Singkawang yang jauh-jauh hari telah disiapkan.

“Ada juga yang bandel tidak mau pindah, tapi kita tekankan dengan sangat. Sementara mereka semua menempati area parkir, ini sementara. Kalau sudah rampung konstruksinya baru mereka ke tempat semula,” jelasnya.

Muslimin berharap pengertian baik dari para pedagang maupun pengunjung serta kerjasama semua pihak agar memaklumi kondisi yang terjadi, demi kelancaran pengerjaan blok D Pasar Beringin Singkawang ini.

Sementara itu perwakilan pedagang daging di blok D, Siri, menyatakan sangat menyambut baik adanya renovasi blok D ini. Menurutnya selain memang bangunan tersebut sudah sangat renta juga berbahaya jika tidak segera diperbaiki.

“Saya mewakili pedagang di blok D ini mengucapkan terima kasih ke pemerintah untuk merenovasi kawasan ini. Semoga pengerjaannya lancar,” jelas pria yang sudah tiga puluhan tahun berdagang di kawasan tersebut. (Top)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.