Pemuda Pancasila dan AIA Bagikan Masker

by -137 views
Pemuda Pancasila dan AIA Bagikan Masker
Pemuda Pancasila dan AIA Bagikan Masker

Reaktifnews.com (Singkawang, Kalbar) – Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kota Singkawang bersama pihak asuransi AIA Singkawang melakukan pembagian masker kepada masyarakat umum. Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 09:00 Wib dengan mengambil tempat di bilangan Pasar Beringin Singkawang, Sabtu (3/10/2020).

Terlihat hadir dalam kegiatan tersebut yakni Ketua MPC Pemuda Pancasila Singkawang, Sumarno SH, pihak AIA Singkawang melalui Rafael Gunawan serta anggota DPRD Singkawang yakni Siti Syamsiah Hutapea S, Hut bersama suami.

Ketua MPC PP Singkawang Sumarno mengatakan bahwa sebagai organisasi kemasyarakatan pemuda dalam aksinya selalu langsung menyentuh masyarakat. Apalagi dalam kondisi seperti sekarang ini, dimana angka Covid-19 yang masih menunjukkan grafik kenaikan maka wajib bagi pihaknya membantu pemerintah guna sedapat mungkin menekan penularan covid-19 di Singkawang khususnya.

“Kita selalu bergerak langsung menyentuh masyarakat. Wabah corona yang melanda dengan trend yang selalu bertambah ini wajib disikapi semua elemen. Kita bantu pemerintah,” jelasnya.

Pusat-pusat keramaian seperti halnya pasar merupakan tempat paling rentan terjadi penularan. Oleh sebab itu jelas Sumarno, pihaknya sangat intens memantau dan sekaligus memberikan himbauan langsung kepada masyarakat. Sementara untuk di tempat lain seperti halnya lampu merah misalnya, sebagian besar para pengendara sudah menaati anjuran pemerintah untuk mengenakan masker.

“Pasar ini interaksinya luar biasa, beragam lapisan masyarakat ada disini. Makanya kita tidak bagikan di lampu merah. Sambil tentunya kita menghimbau untuk patuh pada protokol kesehatan,” terang Sumarno.

Sementara itu Siti Syamsiah Hutapea, S. Hut yang juga anggota DPRD Singkawang dalam kegiatan peduli ke masyarakat tersebut mengatakan bahwasanya apa yang dilakukan keluarga besar Pemuda Pancasila dan asuransi AIA ini merupakan diantara  bentuk nyata dukungan pihaknya kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang dalam hal menekan angka penderita Covid-19 yang semakin hari semakin bertambah.

“Alhamdulillah, kita bersama keluarga besar pemuda Pancasila maupun pihak AIA mendukung kegiatan peduli ini. Sembari kita himbau terus orang-orang agar jangan kendor terapkan protokol kesehatan. Ini dukungan nyata kita untuk Pemkot dan masyarakat,” ujar Siti.

Dikatakan pula olehnya bahwa selain patuh menjalankan protokol kesehatan, masyarakat juga di himbau untuk turut patuh pada Peraturan Wali Kota Nomor 49 Tahun 2020 (Perwako 49/2020) tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokoler Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Virus Corona atau Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

“Jadi masker tadi sudah dibagikan di beberapa kawasan pasar ini, sambil langsung kita himbau soal tertib protokol kesehatan.Termasuk itu tadi, ada sanksinya kalau masih diabaikan,” tuturnya.

Kawasan pasar terang Siti, sengaja dipilih dalam aksi kemanusiaan kali ini karena dinilai sangat-sangat rawan penularan covid-19. Diharapkan seluruh masyarakat Kota Singkawang benar-benar patuh menerapkan protokol kesehatan. Dengan demikian selain hal-hal tersebut menjaga diri mereka sendiri juga menjaga kesehatan orang sekitar.

“Pasar merupakan kawasan paling rentan. Ayolah kita disiplin cuci tangan, pakai masker, jaga jarak. Ini untuk kebaikan bersama,” terangnya.

Di tempat yang sama, pihak AIA Singkawang melalui Rafael Gunawan mengatakan bahwa sepenuhnya sependapat dengan yang diutarakan Ketua MPC Pancasila Kota Singkawang dan anggota DPRD Singkawang. Soal aksi kepedulian kali ini memang diakui belumlah dapat dikatakan menyentuh masyarakat Singkawang secara keseluruhan.  Namun demikian, setidaknya aksi serupa dapat diteruskan oleh elemen masyarakat lainnya.

“Tepat seperti yang dikatakan pak Sumarno dan bu Siti, tentu kita harus punya kepedulian kepada masyarakat. Meskipun hal ini sangat-sangat sederhana. Semangat ini mestinya terus kita kedepankan,” jelasnya.

Tapi maksud kami dari agensi Bonaventura AIA lanjut Rafael, setidaknya sebagai motivasi untuk kita semua dalam upaya menekan dan melawan laju penularan covid-19 di Singkawang khususnya. Sesuai semboyan AIA yakni lebih sehat hidup lebih lama lebih baik.

“Setidaknya pihak lain diharapkan tergerak melakukan hal serupa. Secara pribadi dan AIA kita ingin katakan healthier, longer, better life. Semoga kita bisa beraktivitas seperti biasa layaknya sediakala,” pungkasnya.

Dari pantauan di lapangan didapati dalam hitungan detik, warga pasar dan para pengunjung langsung berhambur menyerbu aksi bagi-bagi masker kali ini dengan sorak-sorai dan suara histeris penuh bahagia. Warga menyambut gembira bantuan masker kali ini.

“Terima kasih buat pemuda Pancasila dan bu dewan Siti juga dari AIA. Semoga menjadi amal saleh,” sahut salah satu tukang parkir di kawasan tersebut. (Top)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.