Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie Terima Penganugrahan Peduli Hak Asasi Manusia Tahun 2020

by -311 views
Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie Terima Penganugrahan Peduli Hak Asasi Manusia Tahun 2020
Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie Terima Penganugrahan Peduli Hak Asasi Manusia Tahun 2020

ReaktifNews.com (Kubu Raya, Kalbar) – Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie kembali mendapat kehormatan menerima penghargaan sekaligus menjadi figur Kepala Daerah yang memberikan contoh serius terhadap Hak Asasi Manusia (HAM). “Recover Better – Stand up for human right, merupakan tema internasional hari HAM sedunia tahun 2020 ini, mengingat pandemi Covid-19 yang tengah dihadapi oleh seluruh negeri (dunia) sehingga upaya pemulihan adalah lebih baik dari segala sisi kehidupan, dan memastikan tetap terlaksananya HAM dalam penanganan pandemik,” tulis Tjhai Chui Mie di instagram miliknya.

Penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI ini diserahkan langsung oleh Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, di Balai Petitih kantor Gubernur Kalbar. Dalam sambutannya Gubernur Sutarmidji mengatakan, penghargaan Peduli HAM yang diberikan kepada Kabupaten/Kota dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat melalui Kemenkumham RI sejak 2013 silam.

“Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat mengucapkan selamat kepada para Bupati dan Walikota yang menerima penghargaan dari 272 Kabupaten/Kota yang menerima penghargaan sebagai Kabupaten/Kota yang peduli HAM,” ujar Sutarmidji, Senin (14/12/2020).

Lebih lanjut dikatakan, tujuannya antara lain untuk memotivasi dan mendorong realisasi pemenuhan hak-hak dasar masyarakat. Terutama pemenuhan hak dasar di bidang kesehatan, pendidikan, hak-hak perempuan dan anak, hak atas pekerjaan, perumahan yang layak dan lingkungan yang berkelanjutan. Penghargaan ini juga merupakan bentuk apresiasi Presiden melalui menteri Hukum dan HAM dimana dinilai konsisten memperjuangkan rasa keadilan di tengah kehidupan masyarakat.

“Saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk kerja bersama, tetap menghadirkan keadilan HAM dan sosial bagi seluruh masyarakat Kalimantan Barat demi kokohnya fondasi HAM di Indonesia,” ucap Sutarmidji.

Di kesempatan yang sama, Tjhai Chui Mie mengucapkan terima kasih atas penganugrahan oleh pemerintah pusat kepada Pemkot Singkawang. Ini sekaligus menambah lagi ikon Pemkot Singkawang selain Kota Tertoleran dan bertambah sekarang menjadi Kota Peduli HAM.

Ia juga menyadari bahwa penghargaan yang diterima merupakan bentuk motivasi dari pemerintah pusat ke Pemkot Singkawang. Tjhai Chui Mie juga mengajak segenap pihak untuk meningkatkan kepedulian hak-hak asasi, termasuk gender, anak-anak, dan kaum disabilitas serta menghindari kekerasan dalam rumah tangga.

“Terima kasih atas penghargaan yang diberikan ke Pemkot Singkawang. Ini sebagai motivasi kita untuk meningkatkan kepedulian terhadap pemenuhan HAM dan pelayanan publik yang berkeadilan. Saya juga berterima kasih kepada masyarakat Singkawang maupun pihak terkait yang bekerja dengan baik terhadap HAM di Singkawang khususnya. Kita mesti lebih tingkatkan kepedulian hak-hak asasi diantara kita semua, termasuk gender, anak-anak, kaum disabilitas termasuk hindari kekerasan dalam rumah tangga. Nanti kita giatkan pelopor HAM,” pungkas Tjhai Chui Mie. (Oys)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.