Regenerasi Organisasi, Aliansi LSM Perintis Persiapkan Mubes ke-IV

by -431 views
Januari 2021, Aliansi LSM Perintis Kota Singkawang akan mengadakan Musyawarah Besar (Mubes) ke-IV

ReaktifNews.com (Singkawang, Kalbar) – Dalam waktu dekat aliansi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Perintis Kota Singkawang akan mengadakan Musyawarah Besar (Mubes) ke-IV. Diantara agenda krusial dalam Mubes ini dalam rangka menentukan kepemimpinan dan kepengurusan untuk periode 2021-2024.

“Mubes dalam waktu dekat akan dilaksanakan. Ini juga mengacu pada anggaran dasar serta rumah tangga organisasi di aliansi. Diantara agenda penting yakni regenerasi kepengurusan,” terang Hery Junairi, SH selaku Ketua panitia pelaksana Mubes, Selasa (15/12/2020).

Dikatakan pula dalam aliansi berisikan setidaknya 18 LSM Kota Singkawang yakni Bhakti Nusa, Fatwa Langit, Persada, Institut Studi Pengembangan Masyarakat, Citra Bangsa, Geli Gersang, Gerakan Peduli Bangsa, Publik, Pirang, Geram, Fokus, Gerakan Nasional Pemberantasan Korupsi, Lumbung Aspirasi Rakyat, Gamasida, Opini, Front Pembela Melayu, Pemuda Pesisir Bahari dan Kiara.

Hingga saat ini setidaknya sudah ada 7 nama kandidat yang bakal meramaikan bursa Koordinator Presidium menggantikan Koordinator Presidium sebelumnya M Syafiuddin. Tujuh nama tersebut yakni Deni Isnaini (LSM Geli Gersang), Bahtiar Ismail, ST (LSM ISPM), Dwi Fitriadi, SH (LSM Opini), Eki Barlanta, SH (LSM Fokus), Joko Sutarno (LSM Gerakan Peduli Bangsa), Hery Junairi, SH (LSM Citra Bangsa) dan M Abdurrahman (LSM Fatwa Langit).

“Sementara ini sudah ada tujuh nama calon bakal koordinator presidium. Namun demikian boleh jadi bisa bertambah dan itu tidak jadi soal. Siapapun anggota aliansi berhak memilih dan dipilih,” ujar Hery.

Sementara itu, koordinator presidium aliansi LSM Perintis Kota Singkawang yang akan segera purna tugas, M Syafiuddin, mengatakan bahwa dalam organisasi penting adanya regenerasi agar organisasi tersebut lebih bergairah dan demokratis. Selain memang sudah masanya berakhir, Ia juga mengakui ingin lebih fokus di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Ia nahkodai bersama rekan-rekan seprofesi.

“Regenerasi di aliansi LSM Perintis menjadi sebuah kepastian perbaikan organisasi, termasuk kaderisasi. Pentingnya regenerasi dalam organisasi sebagai indikator dan perbaikan kaderisasi organisasi agar berkualitas. Saya ingin lebih fokus di LBH saja,” jelas M Syafiuddin yang merupakan salah seorang penggagas aliansi LSM di Singkawang ini. (top)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.