Singkawang dan 3 Pemda Lain di Kalbar Berpeluang Raih Penghargaan Daerah Terinovatif 2020

by -242 views
Singkawang dan 3 Pemda Lain di Kalbar Berpeluang Raih Penghargaan Daerah Terinovatif 2020 (Foto: Badan Litbang Kemendagri)
Singkawang dan 3 Pemda Lain di Kalbar Berpeluang Raih Penghargaan Daerah Terinovatif 2020 (Foto: Badan Litbang Kemendagri)

ReaktifNews.com (Singkawang, Kalbar) – Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) telah mengeluarkan telegram undangan setidaknya kepada 35 Bupati dan 20 Walikota untuk hadir dalam puncak acara pemberian penghargaan Pemda Inovatif/Innovative Government Award (IGA) tahun 2020.

Pemberian penghargaan ini akan berlangsung di Hotel Sultan, Jum’at (18/12/2020), Sesi I Pukul 09.00 WIB – 11.00 WIB, alamat Jl. Gatot Subroto Jakarta Pusat. Puncak acara penghargaan Innovative Government Award (IGA) ini nantinya akan dibuka langsung oleh Mendagri Muhammad Tito Karnavian serta dihadiri Kementerian/Lembaga terkait serta jajaran eselon I di lingkup Kemendagri.

Dalam surat telegram undangan yang ditandatangani oleh Sekjen Kemendagri, Muhammad Hudori, perwakilan Kabupaten/Kota di provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) yang berhasil lolos dan selanjutnya di undang pada puncak acara tersebut yakni Kota Singkawang, Kabupaten Sanggau, Sambas dan Kubu Raya.

Sebelumnya, dikutip dari Badan Litbang Kemendagri, Ketua Tim Penilai IGA 2020, Inspektur Jenderal Kemendagri Tumpak Haposan Simanjuntak, menuturkan ada lima kategori pemenang dalam IGA 2020, yakni Provinsi Sangat Inovatif, Kabupaten Sangat Inovatif, Kota Sangat Inovatif, Daerah Teringgal Sangat Inovatif, dan Daerah Perbatasan Sangat Inovatif. Dari lima kategori itu, sebanyak 38 daerah yang berhasil lolos ke tahapan presentasi. Rincian jumlah itu yakni, terdiri dari 7 provinsi, 12 kabupaten, 12 kota, 3 daerah tertinggal, dan 4 daerah perbatasan.

Berikut daerah yang mendapatkan penghargaan tahun sebelumnya (2019):
– Daerah perbatasan dan tertinggal terinovatif: Nabire dan Sigi
– Kabupaten terinovatif: Banyuwangi
– Kota terinovatif: Denpasar
– Provinsi terinovatif : Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera Barat, DKI Jakarta serta Riau di posisi kelima.

Kemendagri berupaya mendorong pemerintah daerah agar terus berinovasi dengan meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah. Tujuanya, untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan dan peran masyarakat, serta peningkatan daya saing daerah. Salah satu upaya ini dilakukan dengan menggelar Innovative Government Award (IGA). IGA merupakan kegiatan tahunan yang digelar Kemendagri melalui Badan Litbang. (top)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.