Perumda AMGP Singkawang Mulai Aplikasikan Manometer Online

by -431 views
Direktur Perumda Air Minum Gunung Poteng Singkawang, Suriandi bersama Kabag Ekonomi Pemkot Singkawang, Sutiarno, memantau langsung instalisasi manometer online di Jl. Gunung Bawang, Pasiran, Singkawang Barat, (Foto/dok: Perumda AMGP Singkawang)
Direktur Perumda Air Minum Gunung Poteng Singkawang, Suriandi bersama Kabag Ekonomi Pemkot Singkawang, Sutiarno, memantau langsung instalisasi manometer online di Jl. Gunung Bawang, Pasiran, Singkawang Barat, (Foto/dok: Perumda AMGP Singkawang).

ReaktifNews.com (Singkawang, Kalbar) – Direktur Perumda Air Minum Gunung Poteng (AMGP) Singkawang, Suriandi, bersama Kabag Ekonomi Pemkot Singkawang, Sutiarno, memantau langsung instalasi alat pengukur tekanan air (manometer) yang menggunakan sitem online di jalan Gunung Bawang, Pasiran, Singkawang Barat. Di titik ini, tekanan air nantinya dapat dipantau melalui smartphone, sedangkan sebelumnya dan masih ada beberapa titik lain masih menggunakan sistem manual.

“Sebelumnya kita masih sistem manual. sekarang lebih mudah. Dari sini kita setidaknya bisa tahu tekanan untuk pasokan air ke zona selatan dan barat,” tutur Suriandi, Minggu (20/12/2020)

Instrumen manometer canggih ini juga dilengkapi solar charge controller, yakni peralatan elektronik yang digunakan untuk mengatur arus searah yang di isi ke baterai dan di ambil dari baterai ke beban. Solar charge controller juga mengatur overcharging (kelebihan pengisian) dan kelebihan voltase dari panel surya atau solar cell.

Beralih ke teknologi inovasi baru yang menggunakan aplikasi yang terhubung langsung dengan keberadaan alat pengukur tekanan tersebut diakuinya merupakan sebuah kebutuhan. Hal ini adalah permulaan, kedepannya direncanakan semua titik yang ada akan dibenamkan teknologi mutakhir tersebut. Saat di lokasi, nilai tekanan menunjukan 1,44 BAR atau 20,74 PSI.

“Alat ini diperlukan setidaknya untuk memonitoring besar kecilnya tekanan air. Selanjutnya akan memudahkan petugas mengantisipasi sekaligus mengatasi permasalahan dalam waktu yang singkat. Entah itu meningkatkan tekanan atau mencari sebab lain, diantaranya pipa bocor,” terangnya saat giat rutin memantau IPA 50 di Semelagi.

Suriandi berharap dalam hal ini tetap berprinsip agar air mengalir sampai jauh untuk Singkawang Hebat terus pihaknya upayakan. Diantaranya dengan kemampuan yang ada berusaha beralih secara bertahap ke sistem online sehingga dapat menjadikan pelayanan Perumda AMPG Singkawang akan lebih cepat (faster), lebih mudah (easier), lebih murah (cheaper), lebih pintar (smarter) dan lebih baik (better). (top)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.