Fatwa Langit Kaji Kualitas APBD 2020

by -254 views
lsm fatwa langit singkawang
Ketua LSM Fatwa Langit Kota Singkawang, Em Abdurrahman. (Dok/foto:lsmfatwalangit/reaktifnews.com)

ReaktifNews.com (Singkawang,Kalbar) – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Fatwa Langit (FL) Kota Singkawang melakukan bedah APBD tahun anggaran 2020. Bedah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kali ini bukan yang pertama, pada tahun 2013 silam LSM FL juga pernah melakukan kajian yang sama.

“Kajian bedah APBD 2020 bukan kali pertama, pada 2013 juga sudah pernah kami lakukan,” ujar Ketua LSM FL Singkawang, Em Abdurrahman, Minggu (27/12/2020).

Dikatakan Em Abdurrahman, pihaknya melakukan bedah APBD 2020 ini bukan tanpa alasan. Dikarenakan tahun 2020 ini merupakan tahun COVID -19. Dimana semua tahu, sekitar Rp.73 milyar dana yang dianggarkan untuk penangulangan COVID- 19 itu bersumber dari pemangkasan anggaran belanja daerah.

Disamping itu, hasil sinkronisasi informasi data yang dilakukan tim investigasi LSM FL temukan di lapangan dan informasi data kegiatan pada Penjabaran Perubahan APBD Tahun Anggaran 2020 diduga ada yang tidak sesuai.

“Faktor-faktor sebagaimana ini yang mendasari LSM Fatwa Langit untuk membentuk tim auditor internal,” tuturnya.

Secara spesifik Rahman mengatakan, ada dugaan beberapa kegiatan pembagunan fisik termasuk dalam APBD-P (Perubahan) tahun anggaran 2020 yang telah direalisasikan dilingkungam dinas tertentu namun setelah dilakukan pengecekan pada draf penjabaran APBD-P itu sendiri, judul kegiatan tidak ditemukan.

“Ironis, sementara sepengetahuan kami setiap pembelanjaan daerah itu harus tercatat terinci setiap itemnya dalam dokumen APBD yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Diakui Em Abdurrahman juga, dalam hal ini pihaknya tidak tergesa-gesa dalam menyimpulkan serta tetap mengedepankan niat dan sangkaan yang baik. “Bisa jadi dalam hal ini referensi data kami yang salah atau memang pemerintah ada acuan lainya,” katanya.

Em Abdurtahman yang juga selaku Duta Kota ASC memastikan, tim auditor internal pihaknya akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan akan meminta klarifikasi ke pihak-pihak terkait. Dalam hal ini adalah Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) serta badan anggaran DPRD Kota Singkawang. (top)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.