Silaturahmi Praja IPDN Asal Kota Singkawang, Irwan Berikan Motivasi

by -442 views
wakil walikota singkawang
Silaturahmi Praja IPDN Asal Kota Singkawang, Irwan Berikan Motivasi. (Foto/Dok. reaktifnews,com)

ReaktifNews.com (Singkawang, Kalbar) – Ditengah kesibukannya melaksanakan tugas pemerintahan Wakil Walikota Singkawang, Drs. H. Irwan, M.Si menyempatkan diri menerima setidaknya 10 orang Praja IPDN asal Kota Singkawang dalam momen silaturahmi penuh keakraban yang berlangsung di Villa Bukit Mas, Pasiran Singkawang Barat, Senin (28/12/2020).

Wakil Walikota Singkawang, H. Irwan dalam sambutan sekaligus motivasinya kepada para Praja yang sedang ikut pendidikan mengatakan, orang pintar itu banyak. Tapi yang memiliki etika dan disenangi itu sedikit. Untuk itu kampus, merupakan tempat untuk membangun karakter tersebut.

“Pintar dapat kita belajar kapanpun, tapi kalau karakter itu butuh waktu panjang. Dikampus inilah kalian harus ubah, cara menghargai senior hingga bagaimana prilaku membina adik-adik. Hal-hal semacam ini jangan terabaikan,” tuturnya.

Irwan juga mengatakan meskipun diantara para praja atau purna praja yang berasal dari luar Kota Singkawang, atau bahkan dari Kota Singkawang khususnya, mereka tetap memiliki loyalitas dan jiwa korsa yang bertekad untuk membangun Kota Singkawang secara bersama-sama. Prestasi akademik juga mesti terus dipertahankan dan bahkan ditingkatkan.

“Soal loyalitas, saya paling tidak suka ada purna yang tidak bangga dengan almamaternya. Itu selalu terjadi, ketika mereka tidak memiliki jabatan atau merasa ini dan itu. Ini yang tadi saya bilang, karakter itu penting. Jadi kalian itu mau jadi apa, itu nanti urusannya dan kalian yang menentukannya. Loyal kepada almamater itu fundamental,” ujar Irwan.

Hal lain yang juga penting yakni membuat bangga orangtua dan apapun agama, jangan sampai meninggalkan yang namanya ibadah. Potensi dalam diri memang menentukan pribadi-pribadi, namun hal lain yang tidak terpikirkan itu faktor bagaimana seorang pribadi tersebut kepada sang Khalik, disinilah fungsi ibadah juga sangat penting. Termasuk patuh kepada orangtua, ini juga mesti dipedomani dan jangan sampai terlintas untuk melupakan mereka.

“Banyak hal bisa terwujud karena rencana dan kemampuan kita yang dikarunia Tuhan. Ketika kita dekat dengan Tuhan, maka dekat pula pertolongan atau terijabahnya cita-cita kita. Waktu seperti kalian saya tidak pintar dan bahkan cenderung nakal, tapi orangtua tetap saya nomor satukan. Jaga perasaan mereka dan bikin bangga dia,” jelasnya.

Lebih lanjut ditekankan Irwan, ikuti saja aturan dan proses yang ada dan jangan membangun kepentingan di awal, biarkan kepentingan mengiringi kalian. Karena sekali lagi bahwa hukum Tuhan itu tidak pernah salah, objektif. “Ikuti saja aturan, jangan berpikir ingin kaya mau apalah macam-macam. Ndak usah, Pamong bukan begitu dia. Baik yang kalian buat maka kepentingan baik niscaya mengikuti,” terang Irwan.

Diakhir motivasinya Irwan yang juga didampingi sang istri berpesan, agar praja-praja IPDN asal Kota Singkawang ini menjadi pribadi yang mampu dan dapat dipercaya dengan karakter yang dimaksud. “Jangan berpikir mau jadi ini dan itu dulu, yang penting fokus dari sekarang. Tidak usah mencedrai diri dengan hal-hal tidak berguna, jalankan amanah sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab serta keikhkasan sehingga menjadi contoh baik di tengah masyarakat kelak,”pungkas Irwan. (top)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.