Karyawan Perumda AMGP Singkawang Dibekali SOP K3

by -1,013 views
peserta pelatihan K3
Karyawan Perumda AMGP Singkawang dibekali SOP K3 secara Zoom. Kegiatan berlangsung tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. (Foto/Dok: reaktifnews.com/twa)

ReaktifNews.com (Singkawang, Kalbar) – Demi mewujudkan air mengalir sampai jauh untuk Singkawang Hebat, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Gunung Poteng (AMGP) Kota Singkawang bekerjasama dengan PT Ajisaka Nusa Ilmu mengadakan pelatihan bagi seluruh karyawan Perumda AMGP Singkawang terkait SOP Keselamatan Kerja, Rabu (30/12) di aula Kantor Perumda AMGP dan ruang Direktur perusahaan air minum milik Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang.

Acara ini bermula mulai pukul 08.30 WIB hingga 16.00 WIB dan dilaksanakan via Zoom dengan dua orang pemateri yakni Azir Alfanan, S.K.M., M.sc yang merupakan trainer dan instruktur bidang kesehatan dan keselamatan kerja (K3) dan M Sukaelan, SH., M. Kes.

Suriandi, SP selaku Direktur Perumda AMGP Singkawang mengatakan esensi kegiatan ini adalah ingin melindungi para karyawan khususnya dalam tatanan operasional dari mulai yang bertugas di produksi, trandis hingga penyambungan. Diharapkan bidang-bidang tersebut bekerja sesuai Standard Operating Procedure (SOP) yang benar dengan mengedepankan keselamatan.

“Karyawan ini adalah asset utama. Kawan-kawan ini selain mesti bekerja sesuai SOP juga mesti selamat dalam bekerja. Untuk mematangkan hal ini maka ditempuhlah cara diantaranya dengan memberikan pelatihan,” terang Suriandi.

Lebih lanjut dikatakan, dengan kondisi Covid-19 saat ini tentulah pelatihannya juga disesuaikan dan dengan metode Zoom dirasakan lebih efisien dan aman. “Hari ini Alhamdulillah, kita bisa manfaatkan IT yang ada dikantor ini dengan menempatkan dua ruangan. Soal teknis pelaksanaan, diatur lebih lanjut oleh kawan-kawan personalia,” ujarnya.

Suriandi berharap karyawan di Perumda AMGP Kota Singkawang ini dapat ditingkatkan sumber daya manusianya melalui pelatihan-pelatihan yang bermutu. Sehingga kedepan, karyawan dapat lebih profesional dan mahir. “Jadi kalau soal keterangan ahli, pada prinsipnya mereka rata-rata sudah memiliki SKA dan sudah sangat paham. Nanti tidakmenutup kemungkinan kita adakan pelatihan keteknikan lainnya agar asset utama ini benar-benar handal dibidangnya,” tuturnya.

Sementara itu senada seperti yang disampaikan Direktur Perumda AMGP Kota Singkawang, Seksi Personalia dan PI, Agus Aryadin, A.MD mengatakan tujuan utama kegiatan untuk meningkatkan aspek SDM karyawan dan memang ada aspek-aspek yang mesti dibenahi serta ditingkatkan untuk meningkatkan kualitas dan berujung pada peningkatan pelayanan Perumda AMGP kepada masyarakat pelanggan. Peserta yang terlibat dalam kegiatan kali ini berjumlah 40 orang dari berbagai divisi yang ada.

“Tujuan utama lebih kepada peningkatan kualitas SDM dan keselamatan kerja. Dengan demikian bermuara pada mutu pelayanan dan kepuasan pelanggan kita,” tuturnya. (top)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.