Singkawang Bersiap Sambut Vaksin Covid-19

by -246 views
update covid singkawang
Update perkembangan Covid 19 di Singkawang, Selasa (5 Januari 2021). *Dok/Grafik: Kominfo Singkawang.

ReaktifNews.com (Singkawang, Kalbar) – Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang bersiap menerima kedatangan vaksin Covid-19. Hal ini dikatakan Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie, Selasa (5/1/2021). “Kami sudah melakukan rapat bersama Menteri Dalam Negeri, Menteri Kesehatan, BNPB juga Forkopimda dan dinas terkait. Hal ini kita sampaikan sekaligus untuk mengatur rencana vaksinasi di Singkawang,” terangnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan, untuk Kalimantan Barat (Kalbar) sendiri bahwa vaksin Covid-19 sudah datang. Sementara khusus untuk kota Singkawang, tengah dipersiapkan segala sesuatunya oleh Dinas Kesehatan.”Di kita, oleh Kadis Kesehatan masih terus dikoordinasikan bersama pihak dinas Kesehatan Provinsi. Harus dipastikan betul waktu yang tepat pelaksanaannya di Singkawang,” ungkap Tjhai Chui Mie.

Namun yang pasti kata Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie, sesuai arahan Mendagri yakni tanggal 14-15 sudah harus dilaksanakan vaksinasi Covid-19 serentak di seluruh Indonesia. Dalam hal ini diutamakan kalangan publik figur, termasuk tokoh agama dan tokoh masyarakat. Setidaknya nanti dilakukan vaksinasi Covid-19 secara simbolis kepada 10 orang dan pada tanggal tersebut juga dilakukan hal yang sama di 34 Provinsi termasuk semua Kabupaten-Kota.

Termasuk berapa jumlah jatah vaksin Covid-19 untuk Kota Singkawang masih menunggu kesiapan segala sesuatunya. Disebutkan Tjhai Chui Mie antara lain menyangkut tempat/gudang penyimpanan, juga ketersediaan rantai dingin (cold chain) agar mampu menjaga serta menjamin kualitas vaksin yang diberikan kepada sasaran. Rantai dingin atau cold chain terdiri dari lemari es dan freeze untuk menyimpan vaksin dan termos (vaksin carrier) untuk membawa vaksin ke tempat pelayanan imunisasi, terutama untuk kegiatan di luar gedung/lapangan.

“Rencananya nanti hari Kamis (8/1/2021), kita akan lakukan pengecekan bersama TNI-Polri terkait kesiapan di lapangan. Vaksin itu kan perlu box penyimpanan khusus dengan suhu terjaga yakni di bawah delapan derajat celsius. Intinya kita siap sesuai arahan Menkes,” ujar Tjhai Chui Mie.

*Update Covid-19 (5 Januari 2021)

Sementara itu, perkembangan kasus Covid-19 di Kota Singkawang hari ini, Selasa (5/1/2021) sebagaimana dilansir dari laman Kominfo Singkawang yakni terjadi penambahan 5 (lima) kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kota Singkawang dengan 2 diantaranya berasal dari luar Kota Singkawang yakni perempuan usia 71 tahun asal Kelurahan Sedau Singkawang Selatan, Laki-laki 20 tahun asal Kelurahan Pasiran Singkawang Barat, Perempuan 37 tahun asal Kelurahan Pajintan Singkawang Timur, Perempuan usia 28 tahun asal Kabupaten Natuna dan usia 24 tahun asal Kabupaten Bengkayang.

Sedangkan 10 (sepuluh) kasus terkonfirmasi dinyatakan sembuh, 5 diantaranya dari luar Kota Singkawang. Penambahan suspek hari ini menjadi 2 (dua) orang dari Kota Singkawang. Sedangkan pasien terkonfirmasi dan menjalani perawatan di RSUD Abdul Aziz sebanyak 16 orang, 7 diantaranya dari luar Kota Singkawang. Sehingga dapat dikatakan, total pasien terkonfirmasi Covid-19 di Kota Singkawang sebanyak 131 orang. Suspek dirawat sebanyak 9 (sembilan) orang, 6 dari luar Kota Singkawang.

Disampaikan pula bahwa per 27 Desember 2020, berdasarkan penilaian indikator dari Gugus Tugas Covid-19 Nasional maka Kota Singkawang masih berada di Zona Orange, artinya zona resiko sedang. Untuk itu,kembali diingatkan kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan kedisiplinan dan patuh menjalankan protokolkesehatan, yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak serta menghindari kerumunan dan keramaian. (top)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.