KNPI Sambas Akan Lakukan Musda Pada Tahun 2021

by -945 views
Kaltin, S.Pd. Ketua Harian DPD KNPI Kabupaten Sambas.
Kaltin, S.Pd. Ketua Harian DPD KNPI Kabupaten Sambas.

Reaktifnews.com (Sambas, Kalbar)

Musyawarah Daerah (Musda) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Sambas, rencananya akan di laksanakan pada tahun 2021. Untuk kesiapan kegiatan Musda nantinya tentunya akan melibatkan OKP-OKP, 19 Pengurus Kecamatan KNPI Kabupaten Sambas, mengenai pemilihan Ketua DPD KNPI ke depan akan di berikan hak 1 suara masing-masing untuk memberikan dukungan dan pilihan.

Ketua Harian DPD KNPI Kabupaten Sambas, Kaltin, S.Pd, mengemukakan bahwa kesiapan Musda masing-masing OKP-OKP dan 19 Pengurus Kecamatan KNPI Kabupaten Sambas bersiap diri untuk menyuarakan siapa-siapa saja yang akan di calonkan dalam pemilihan Ketua. “Harapan saya tentu ketua KNPI nantinya adalah bagaimana siap untuk menjadi penyambung lidah masyarakat khususnya di kepemudaan. Tidak hanya itu menjadi pengawal pemerintahan, dalam arti ini adalah memberi masukan dan kritis untuk menanggapi permasalahan-permasalahan Kabupaten Sambas,” jelasnya kepada reaktifnews.com pada Hari Jum’at (15/01/2021) di kediamannya.

Selanjutnya, Kaltin, menjelaskan bahwa peran dan fungsi DPD KNPI Kabupaten Sambas dapat berjalan dengan sebaik mungkin dan dapat bersinergi dengan KNPI Kabupaten/Kota lainnya yang ada di Kalimantan Barat. “Sehingga di DPD KNPI Kabupaten Sambas, dapat melahirkan pemimpin-pemimpin masa depan. DPD KNPI Kabupaten Sambas dapat melahirkan tokoh-tokoh Indonesia ini khususnya Kabupaten Sambas di lahirkan oleh KNPI,” paparnya.

Dikatakan kaltin, Musda yang akan di laksanakan nanti dapat berjalan dengan lancar. Oleh karena itu dirinya memohon do’a dan dukungan dari semua pihak dalam pelaksanaan Musda pada tahun 2021 akan menyiapkan sebaik mungkin persiapan untuk pemilihan ketua DPD KNPI periode 2021-2024. “Kami akan menunggu intruksi dari DPD KNPI, dari Provinsi dan Pusat. Sehingga kami dapat melaksanakan Musyawarah Daerah. Tentu koordinasi dan konsolidasi akan kami lakukan dalam waktu dekat untuk persiapan Musda,” katanya.

Sementara itu, terkait ketentuan pemilihan saat Musda nanti, Kaltin menuturkan sebelumnya pemilihan dilakukan secara terbuka, masing-masing dari OKP dan Pengurus Kecamatan akan di buka untuk pencalonan. Jika ada yang mencalonkan diri lebih dari 1 maka hal tersebut akan di lakukan secara demokrasi, secara voting serta melihat visi dan misi masing-masing calon dan apa bila nanti akan hanya ada 1 calon untuk Ketua DPD KNPI dan di dukung oleh Pengurus Kecamatan maka akan di lakukan secara aklamasi. “Sehingga itu nanti tergantung pada saat penjaringan pemilihan ketua DPD KNPI oleh panitia pemilihan,” imbuhnya.

Untuk penjaringan pemilihan Ketua DPD KNPI Kabupaten Sambas, Kaltin menuturkan bahwa akan di lakukan penjaringan pada bulan Maret hingga April Tahun 2021. Karena jika di lihat SK dari Ketua DPD KNPI Kabupaten Sambas periode 2018-2021 berakhir pada bulan Mei Tahun 2021. “Cuma kita akan menunggu koordinasi dan konsolidasi dari Ketua DPD KNPI Provinsi, seperti apa dan bagaimana nantinya akan sampaikan ulang dan bisa saja apa yang saya sampaikan bisa berubah. Tergantung kondisional, komunikasi dan konsolidasi yang kita lakukan,” pungkasnya.

Sebelumnya, tekait Musda KNPI nanti, Kaltin menceritakan bahwa ketua DPD KNPI Kabupaten Sambas masa periode 2018-2021, Nugra Irianta Denashurya, BSBA. MM. Pernah mengatakan tidak akan mencalonkan kembali sebagai ketua DPD. (rian)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.