“Kau Chun” Kota Singkawang Diguyur Hujan Lebat

by -1,429 views
suasana sambut imlek singkawang
Suasana pelepasan tahun 2571 Imlek ke 2572 Imlek Kota Singkawang. (Dok/Foto: Topan/RN/Skw)

ReaktifNews.com (Singkawang, Kalimantan Barat) – “Kau Chun” atau pelepasan tahun 2571 Imlek ke 2572 Imlek Kota Singkawang khususnya diwarnai hujan lebat. Pelepasan atau Kau Chun dalam kalender imlek (In Lak) bagi warga Tionghoa sebenarnya baru terjadi hari ini, Rabu (3/2/2021).

Hasil penelusuran oleh reaktifnews.com dari berbagai sumber, diketahui tidak setiap pergantian tahun pelepasan itu tepat pada pergantian tahun Imlek itu sendiri. Kau Chun memang ada yang tepat pada saat Imlek, ada pula beberapa hari setelah tahun baru Imlek.

Bagi warga dari etnis Tionghoa di Kota Singkawang saat ini tengah merasakan suasana “Kau Chun” atau pelepasan tahun 2571 imlek ke 2572 Imlek yang tidak selalu tepat pada hari ke-30 bulan ke 12 (Cap Djie Gwe) ini dalam suasana hujan, mengguyur seantero Singkawang sejak dini hari tadi.

Kepercayaan dan detik-detik dimulai Imlek

Menurut keyakinan Tionghoa, pada detik-detik tepatnya pelepasan atau serah terima tahun 2571 imlek ke 2572 Imlek itu apabila sebutir telur ayam kampung ditaruh tegak akan dapat bertahan beberapa detik dan akan berakhir seiring dengan lewatnya detik-detik awal pada hari imlek di hari ke tujuh.

Dari sumber lain juga menambahkan, ada kebiasaan di hari tersebut warga Tionghoa akan makan telur rebus atau “Fung Chun” biasa juga disebut.

Termasuk menjadi keyakinan warga Tionghoa di hari ketujuh tahun baru imlek, biasanya dipasar-pasar akan dijual sayuran tujuh jenis. Istilah “Chit Jong Choi” atau makan tujuh sayur bukanlahhal lumrah bagi warga Tionghoa terdahulu. Menurut kepercayaan bagi mereka yang memakannya, setelah dimasak tentunya akan berdampak pada kesehatan, khususnya bagi mata. Namun seiring perkembangan zaman, istilah Chit Jong Choi atau makan tujuh sayur ini sudah jarang diperingati.

Hingga berita ini di turunkan, kondisi Kota Singkawang pada secara umum walaupun diguyur hujan semenjak dini hari tadi, masih terbilang aman. Namun demikian, warga dihimbau untuk selalu waspada terhadap perubahan cuaca saat ini dan dapat mencari tahu informasi dari BMKG yang dapat di akses melalui android. (topan)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.