Permulaan Rajab 1442 H, BMKG Sampaikan Prakiraan Hilal

by -865 views
Hilal penentu awal bulan Rajab 1442 H
Hilal penentu awal bulan Rajab 1442 H. (Foto: bmkg.go.id/rn/Skw)

ReaktifNews.com (Jakarta) – Sebagai institusi pemerintah, salah satu tupoksi BMKG adalah memberikan pelayanan data tanda waktu dalam penentuan awal bulan Hijriah. Dalam press releasenya, Senin (08/02/2021), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan informasi Hilal saat Matahari terbenam, pada hari Jumat, tanggal 12 Februari 2021 M sebagai penentu awal bulan Rajab 1442 H.

Lebih lanjut BMKG merilis, secara astronomis pelaksanaan rukyat Hilal penentu awal bulan Rajab 1442 H bagi yang menerapkan rukyat dalam penentuannya adalah setelah Matahari terbenam tanggal 12 Februari 2021. Sementara bagi yang menerapkan hisab dalam penentuan awal bulan Rajab 1442 H, perlu diperhitungkan kriteria-kriteria hisab saat Matahari terbenam tanggal 12 Februari 2021 tersebut.

Penentuan awal bulan Hijriah ini, sangat penting bagi umat Islam dalam penentuan awal tahun baru Hijriah, awal bulan Ramadan, hari raya Idulfitri, dan hari raya Iduladha. Keteraturan peredaran Bulan dalam mengelilingi Bumi, dan Bumi dengan Bulan dalam mengelilingi Matahari memungkinkan manusia untuk mengetahui penentuan waktu. Salah satu penentuan waktu adalah penentuan awal bulan Hijriah yang didasarkan pada peredaran Bulan mengelilingi Bumi.

BMKG juga menyampaikan informasi meliputi waktu konjungsi (Ijtima’) dan waktu terbenam Matahari, peta ketinggian Hilal, peta elongasi, peta umur bulan, peta Lag, peta fraksi illuminasi Bulan, objek astronomis lain yang berpotensi mengacaukan rukyat Hilal serta data Hilal saat Matahari terbenam untuk kota-kota di Indonesia. Informasi tersebut dapat diketahui melalui bmkg.go.id secara lengkap.

Sementara itu, dikutip dari berbagai sumber, reaktifnews.com memberikan beberapa penanda besar di bulan Rajab yang patut diketahui:

Isra Mi’raj

Peristiwa besar ini adalah perjalanan selama satu malam yang dilakukan oleh Rasulullah ke langit. Isra Mi’raj adalah mukjizat yang diterima Nabi Muhammad SAW. Hal itu diawali dengan berangkatnya Nabi bersama Malaikat Jibril dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa.

Kemudian Nabi Muhammad atas izin Allah naik ke atas langit sampai ke Sidratul Muntaha yang merupakan tempat tertinggi di langit. Selama perjalanan menuju langit, Nabi diperlihatkan keindahan surga dan kekejaman neraka. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 27 Rajab.

Turunnya Perintah Shalat Lima Waktu bagi umat Islam

Pada peristiwa Isra Mi’raj Rasulullah SAW juga mendapat perintah dari Allah SWT untuk mengerjakan salat lima waktu untuk pertama kalinya. Hingga detik ini salat adalah ibadah yang wajib yang harus dilaksanakan oleh umat Islam sebagai tiang utama agama.

Memenangkan Perang Tabuk

Pada bulan Rajab Rasulullah beserta pasukannya menang dalam Perang Tabuk. Perang ini merupakan perang Rasulullah melawan tentara Romawi yang terjadi pada 9 Hijriyah atau 630 Masehi. Ketika perang tabuk tersebut pasukan muslim terdiri dari 30 ribu orang dan menempuh perjalanan yang jauh dari Madinah menuju Syam. Mengetahui banyaknya tentara muslim yang dipimpin Rasulullah, membuat tentara Romawi ketakutan dan memilih mundur dan umat Islam menang dalam Perang Tabuk.

Pembebasan Baitul Maqdis Palestina

Penaklukan Salahuddin Al Ayyubi di Alquds terjadi pada 2 oktober 1186, yakni bertepatan dengan 27 Rajab tahun 583 Hijriyah. Salahuddin berhasil mengalahkan Pasukan Salib yang menduduki Tanah Suci Yerusalem selama berpuluh tahun. Atas bantuan dan izin dari Allah SWT, akhirnya Salahuddin dan tentara Muslim dapat mengambil kembali kota suci Baitul Maqdis.

Berakhirnya masa Kekhalifahan

Selain empat peristiwa di atas, pada bulan Rajab seluruh masa kekhalifahan di muka bumi ini berakhir. Tepatnya pada 28 Rajab tahun 1342 Masehi. Kejadian tersebut ditandai dengan jatuh dan berakhirnya pemerintahan Ottoman yang berada di Turki.

Peristiwa berakhirnya masa kekhalifahan disebabkan Presiden Mustafa Kemal Attaturk menghapus semua syariah Islam, dan mengganti hukum-hukum Islam dengan paham hukum Barat, serta menetapkan paham sekuler pada negara tersebut. (top/rn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.