Selasih Water, Siaga Sehat Jiwa Dengan Kader Tersinergi

by -412 views
kegiatan kader kesehatan jiwa singkawang
Acara kader kesehatan jiwa (Selasih Water), siaga sehat jiwa dengan kader tersinergi. (Foto : reaktifnews.com/Zulfikar)

ReaktifNews.com (Singkawang, Kalimantan Barat) – Masalah kesehatan jiwa masyarakat tidak bisa dipandang sebelah mata, banyak kasus-kasus gangguan kejiwaan yang luput dari perhatian keluarga. Untuk itu, perlu diciptakan kondisi wilayah yang siaga terhadap kesehatan jiwa warganya.

Perlu adanya keterlibatan masyarakat desa setempat dalam upaya mencapai tujuan. Strategi pemberdayaan masyarakat bermanfaat untuk mengidentifikasi, mengatasi masalah kesehatan jiwa dan mempertahankan kesehatan jiwa di wilayahnya.

Untuk tujuan tersebut, pada Jumat (26/02/2021) dilakukan kegiatan Kader Kesehatan Jiwa yang melibatkan kelompok Selasih Water di Kelurahan Sekip Lama, Singkawang Tengah, Kota Singkawang. Turut hadir dalam kegiatan ini antara lain unsur PKK Kota Singkawang, Kecamatan Singkawang Tengah, Kelurahan, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Poltekes, Pustu 1, Rt serta para kader dan warga.

Dikatakan oleh Camat Singkawang Tengah, Hasan Nasrudin, SH., sesuai Undang-undang nomor 18 tahun 2014 tentang Kesehatan Jiwa menyatakan bahwa upaya kesehatan jiwa adalah setiap kegiatan untuk mewujudkan derajat kesehatan jiwa yang optimal bagi setiap individu, keluarga dan masyarakat dengan pendekatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitative yang diselenggarakan secara menyeluruh, terpadu, dan berkesinambungan oleh pemerintah, pemerintah daerah dan/atau masyarakat.

Atas dasar tersebut maka Kader kesehatan jiwa ini penting, sebab mereka berperan ikut membantu tenaga kesehatan dalam melakukan perawatan pada gangguan jiwa yang ada di wilayah masyarakat.

“Saya berharap selain pengetahuan dan ketrampilan kader kesehatan jiwa kita semakin handal, para kader juga dapat bersinergi dengan dinas terkait sehingga warga bisa lebih sehat jasmani maupun rohaninya,” tutup Camat Singkawang Tengah. (reaktifnews.com/Zul)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.