Ketahanan Pangan di Masa Pandemi, Wako Panen di Singkawang Tengah

by -895 views
wali kota panen perdana timun singkawang tengah 2021
Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie bersama para undangan menghadiri panen perdana Mentimun dan sayuran di Kecamatan Singkawang Tengah, Kota Singkawang. (Foto : Zulfikar)

ReaktifNews.com (Singkawang, Kalimantan Barat) – Dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan Kota Singkawang dan penghasilan dari warganya di masa kondisi pandemi Covid-19, Wali Kota Singkawang bersama-sama Ketua DPRD dan Ketua Komisi II, Kadis Pertanian, PKK Kota dan Kecamatan Tengah, Brigif 19/Khatuistiwa, Polsek Tengah dan Camat Singkawang Tengah, Gapoktan Rezeki dan Kelompok Tani lainnya, PPL sekaligus warga tani Singkawang Tengah melakukan panen perdana timun lokal dan beberapa sayuran lainnya.

Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie dalam sambutannya mengatakan bahwa panen perdana kali ini diharapkan dapat menambah serta meningkatkan penghasilan warga tani, terlebih ketahanan pangan saat kondisi pandemi seperti sekarang sangatlah diperlukan.

“Panen perdana timun lokal dan sayuran lainnya ini mestilah kita syukuri. Selain apa yang dilakukan oleh gapoktan dan masyarakat tani ini sudah barang tentu penting guna ketahanan pangan di Kota Singkawang, terlebih di masa-masa pandemi ini,” tutur Wali Kota, Kamis (4/3/2021).

Tjhai Chui Mie juga tidak lupa mengingatkan semua yang hadir untuk mematuhi protokol kesehatan yakni sesuai “pesan ibu” yakni mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, serta menjaga jarak untuk mencegah penularan virus Covid-19.

Sementara itu Camat Singkawang Tengah, Hasan Nasruddin, antara lain mengatakan kepada reaktifnews.com bahwa pihaknya terus mendorong warga tani. Termasuk kepada Gapoktan Rezeki dan kelompok tani lainnya yang kali ini dianggap berhasil dalam budidaya Mentimun lokal atau yang dikenal dengan nama latinnya Cucumis sativus L.

“Seperti yang Ibu Wali Kota sampaikan di panen perdana timun lokal dan sayuran ini, pada prinsipnya pemerintah Kecamatan Tengah khususnya tentu sedaya upaya mendorong para petani kita agar ketahanan pangan dan penghasilan warga meningkat. Hal ini tentu saja kita sinergikan dengan dinas terkait termasuk pihak PPL. Kami bersama warga tentunya terus berinovasi untuk Singkawang Hebat,” jelas Hasan.

Dalam kunjungan dan panen perdana tersebut, Wali Kota Tjhai Chui Mie juga mendengar langsung dari para petani terkait ketersediaan bibit serta pupuk. Wali Kota Singkawang juga sekaligus mengakomodir beberapa usulan langsung dari warga setempat soal sumur bor, drainase, termasuk ruas jalan di lingkungan mereka. (Topan/ reaktifnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.