Masjid Agung Singkawang Direnovasi, Jamaah Jumat Perdana Tetap Membludak

by -867 views
jamaah jumat perdana masjid agung singkawang 2021
Umat Islam di sekitar Masjid Agung memadati masjid sementara yang letaknya berhampiran dengan bangunan masjid utama yang saat ini memasuki tahap pembongkaran. (Foto : Topan)

ReaktifNews (Singkawang, Kalimantan Barat) – Bangunan utama Masjid Agung Nurul Islam di jalan Alianyang, Pasiran  Singkawang Barat, Kota Singkawang, Kalimantan Barat saat ini tengah dalam proses renovasi besar-besaran. Agar aktivitas ibadah jamaah tetap berjalan, sebelumnya pihak Panitia renovasi Masjid Agung juga telah menyiapkan bangunan sementara guna kepentingan ibadah hingga bangunan utama yang direnovasi rampung pada akhir tahun 2022 mendatang.

Pemerintah Kota (Pemkot Singkawang) melalui Panitia Renovasi Masjid Agung Nurul Islam di jalan Alianyang Singkawang Kalimantan Barat juga telah mengestimasikan setidaknya anggaran yang diperlukan renovasi besar-besaran sekitar 55 miliar dari APBD Singkawang dan sumbangan pihak lainnya guna keperluan menyelesaikan renovasi masjid terbesar di Singkawang selama 20 bulan kedepan.

Pengamatan reaktifnews.com di Masjid Agung, Singkawang, pada pelaksanaan ibadah salat Jumat perdana yakni pada Jumat (12/3/2021), walaupun dilaksanakan di bangunan sementara namun jamaah tetap membludak. Umat Islam di sekitar Masjid Agung memadati masjid sementara yang letaknya berhampiran dengan bangunan utama.

Bahkan sisi kiri dan kanan serta belakang masjid sementara juga dipenuhi jamaah salat Jumat perdana kali ini. Tidak sedikit pula beberapa jamaah yang putar balik dan lebih memilih masjid terdekat lainnya untuk melaksanakan salat Jumat kali ini, saat melihat membludaknya jamaah di lokasi masjid yang tengah dalam tahap renovasi tersebut.

Dalam kesempatan itu, salah seorang jamaah, Mulyadi, saat ditanyai mengatakan bahwa perbaikan Masjid Agung Singkawang ini diharapkan dapat mengubah wajah masjid paling besar di Kota Singkawang ini menjadi salah satu masjid yang indah sebagaimana masjid lainnya.

“Kita harus memaklumi bahwa selama renovasi berjalan setidaknya akan terganggu kenyamanannya. Biasalah, semoga kalau sudah selesai nanti jadi lebih indah dan lebih nyaman. Termasuk tidak ada alasan untuk tidak memakmurkan masjid kita ini,” pungkasnya. (Zulfikar)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.