Bangunan Utama Masjid Agung Singkawang Tahap Pembongkaran

by -694 views
renovasi masjid agung nurul islam singkawang 2021
Pembongkaran bangunan utama Masjid Agung Nurul Islam Singkawang masih berlangsung. (Foto : Zulfikar)

ReaktifNews (Singkawang, Kalimantan Barat) – Hingga saat ini pembongkaran bangunan utama Masjid Agung Nurul Islam yang terletak di bilangan jalan Alianyang, Pasiran, Singkawang Barat masih terus dilakukan oleh Panitia Renovasi yang telah ditunjuk.

Pantauan dari dekat reaktifnews.com di lokasi mendapati kayu maupun atap aluminium gelombang tebal dan besi-besi penyangga masjid mulai dilepaskan dan ditumpuk di sekeliling area halaman Masjid. Beberapa pekerja juga tampak sibuk dengan tugas mereka masing-masing. Khusus pelepasan sambungan-sambungan beton ukuran besar, para pekerja menggunakan peralatan las listrik.

Mengomentari soal tahap pekerjaan pembongkaran bangunan utama Masjid Agung Nurul Islam Singkawang ini, Ketua pengurus Masjid Agung Nurul Islam Singkawang, Muslimin, mengatakan bahwa pihaknya berharap pekerjaan dapat berjalan lancar sesuai rencana awal.

“Alhamdulillah, memang masjid kita ini masih dalam tahap pembongkaran tiap bagian-bagiannya. Semoga pembongkaran ini lancar,” kata Muslimin, Senin (15/3/2021).

Namun demikian, Ia kembali mengingatkan beberapa hal termasuk saat tahap pembongkaran yang sekarang tengah berjalan. Yaitu mengenai material bongkaran yang mesti benar-benar dikumpulkan sesuai kelompoknya, hal ini guna memudahkan rencana pelelangan barang-barang hasil bongkaran tersebut nantinya.

“Nanti setelah semuanya di bongkar, kita minta nilai dan sedianya akan dilakukan lelang. Siapa yang menawar tertinggi, maka dialah yang berhak atas material bongkaran tersebut,” ujarnya.

Selain hasil pelelangan nanti seluruhnya akan menjadi kas Masjid Agung dan direncanakan pula sebagai Baitul Mal. Alasannya dari kepengurusan sekarang ingin agar dana tersebut bukan saja untuk kepentingan ibadah dan sosial lainnya, namun juga dapat membantu pemberdayaan sumber daya ekonomi dari jamaah Masjid Agung. (Zulfikar)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.