177 CAL, Atlet Tembak Singkawang Makin Berkibar

by -1,241 views
atlet menembak kota singkawang 2021
Para atlet menembak asal Singkawang di Kejurnas Kapolri Cup 2020 katagori metal silhoutte air riflee multi range. (Foto Dok : Topan)

ReaktifNews.com (Singkawang, Kalimantan Barat) – Atlet Menembak Kota Singkawang berhasil menorehkan prestasi yang membanggakan. Hal ini dikatakan Ketua Ketuppi Brotherhood Hunting Club (KBHC), Mat Rosi, sekaligus selaku Ketua Klub Tembak 177 Cal, Singkawang Tengah, Kota Singkawang, Kamis (18/3/2021).

Dikatakan oleh Mat Rosi, selama ini anggotanya menyalurkan sekaligus mengasah skill dan mendapat bimbingan serta latihan terpadu di lapangan tembak air rifle H Hasan, dibilangan jalan Trisula Bukit Batu, Singkawang Tengah, Kota Singkawang.
“Alhamdulillah, beberapa prestasi atlet kita antara lain juara 1 di ajang Kapolres Singkawang Shooting Cup pertama di tahun 2019 lalu. Katagori metal silhoutte air rifle multi range,” ujar Mat Rosi.

Lebih lanjut Ia mengatakan, untuk Arif Rahman ini selain bernaung di klub KBHC dan kesehariannya merupakan seorang tenaga honorer di Dinas Lingkungan Hidup Kota Singkawang. Pada Juli 2020, Pengprov Perbakin Kalbar bersama pengurus Kota Perbakin Singkawang mengirimkan delegasi atlet tembak sasaran Kalbar yang berasal dari klub KBHC.

“Arif Rahman, Andry Rustandi dan Denny inilah yang mewakili Kalbar saat itu. Mereka merupakan asuhan coach Afen. Saya sendiri selaku asisten pelatih dan saudara Khadafi Mufti selaku manager tim. Kita berlaga waktu itu di Kejurnas Kapolri Cup 2020 katagori metal silhoutte air riflee multi range, tepatnya di Jakarta. Di lapangan tembak PB Perbakin Senayan,” tutur Mat Rosi.

Sementara itu, Afen, yang merupakan pelatih nasional tembak sasaran 177 Cal dari klub penembak sasaran (Kombes) Singkawang Barat, mengatakan mengenai pembinaan dan latihan difokuskan pada peningkatan keterampilan atlet tembak sasaran air rifle. “Jenjang prestasinya nasional, Pon, Sea Games, Asean Games, Olimpiade dan bahkan kejuaraan dunia ISSF dan WRABF,” terangnya.

Di Kota Singkawang sendiri terdapat setidaknya 3 Klub Air Rifle dibawah naungan pengurus Kota PERBAKIN Singkawang. Antara lain yakni KETUPPI Brotherhood Hunting Club (KBHC) di Singkawang Tengah, Komunitas Petembak Sasaran (KOMBES) di Singkawang Barat serta Nek Macan Shooting Club (NMSC) di Singkawang Timur.

“Lapangan tembak air rifle H Hasan yang dikelola klub KBHC selalu terbuka untuk umum dan setiap hari siap melayani dalam latihan tembak jenis air rifle. Ini gratis alias tidak dipungut bayaran,” jelas Afen.

Sebagaimana diketahui, penyelenggaraan keolahragaan prestasi tembak sasaran air rifle di Kota Singkawang khususnya dapat mendukung destinasi wisata Kota Singkawang itu sendiri. Hal ini terbukti saat Klub KBHC sukses menyelenggarakan Kapolres Singkawang Shooting Cup 1 di tahun 2019, tepatnya di Bukit Batu. Setidaknya tercatat 166 atlet yang berasal dari 9 Kabupaten dan Kota di Kalbar ikut ambil bagian dalam pertandingan selama 3 hari tersebut. Jumlah 199 atlet tersebut belum termasuk keluarga mereka yang sengaja dibawa untuk menyemangati serta meramaikan gelaran Kapolres Singkawang Shooting Cup ini.

Komunitas 177 Cal Kota Singkawang juga diketahui bertujuan guna memfasilitasi serta wadah berkumpulnya masyarakat penggemar olahraga menembak yang sadar dan disiplin untuk kegiatan olahraga tersebut. Termasuk meningkatkan pendidikan dan pengetahuan olahraga menembak air rifle dalam menciptakan atlet-atlet berprestasi serta yang paling penting adalah demi mempertahankan kelestarian alam. (Topan)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.