Progres, Waterfront Kuala Singkawang Mencapai 99%

by -975 views
waterfront kuala singkawang 2021
Progres pekerjaan waterfront Kuala Singkawang hingga kini telah mencapai 99% atau memasuki tahap finishing. (Foto : Topan)

ReaktifNews.com (Singkawang, Kalimantan Barat) – Sejak dimulai pengerjaannya pada Juni tahun 2020 dan oleh Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, selanjutnya direncanakan rampung pada Maret tahun 2021, pembangunan promenade di Kelurahan Kuala, Singkawang Barat ini nyatanya hampir rampung.

Pantauan reaktifnews.com mendapati progres pekerjaan telah memasuki tahap finishing atau proses meliputi penyelesaian dan penyempurnaan akhir dari suatu bangunan hingga mencapai 99%, Minggu (04/04/2021).

Aminah, salah satu warga yang tinggal berhampiran di proyek tersebut mengatakan bahwa tak jarang ia mendapati para pekerja masih bekerja hingga malam. “Biasanya mereka kerja lembur. Akhir-akhir ini bahkan makin sering begitu, infonya akan segera diresmikan Bu Wali,” kata perempuan paruh baya tersebut.

Beberapa warga Kuala Singkawang khususnya yang bermukim di sekitar proyek tersebut berharap, nantinya selain menjadi jalur pedestrian yang tidak hanya befungsi sebagai tempat untuk berjalan bagi pejalan kaki, kawasan ini juga dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung dalam dan luar kota yang serta membuat kawasan Kuala Singkawang selain lebih dikenal karena lebih resik dan tertata dari sebelumnya.

“Lebih bersih, nyaman dan bisa meningkatkan ekonomi warga sekitar,” tutur Aminah.

Soal promenade ini biasanya juga banyak dijumpai di daerah wisata terutama wisata tepi air dimana salah satu daya tariknya adalah meilhat pemandangan di tepi air tersebut. Selain itu, promenade juga didesain tanggap akan lingkungan sekitarnya terutama untuk kawasan yang memiliki resiko banjir.

Sebagaimana diketahui, konsep kawasan tepi air (waterfront) merupakan bagian elemen fisik kota yang sangat potensial untuk dikembangkan menjadi suatu kawasan yang hidup (livable) dan tempat berkumpul masyarakat. Dalam perkembangannya, beberapa kawasan tepi air di kota Singkawang sangat memungkinkan mengadopsi konsep waterfront. Bahkan, di beberapa Negara di dunia memiliki konsep yang cenderung sama. (Topan)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.