Prospek Cerah, Panen Perdana Talas Singkawang

by -1,128 views
susi wu dan sudiantono singkawang
Sudiantono dan Susi Wu saat panen perdana talas khas Singkawang di lahan kelompok tani Bangkit Bersama, Setapuk, Singkawang Utara. (Foto: Tarwi)

ReaktifNews.com (Singkawang, Kalimantan Barat) – Indonesia diantara negara tropis memiliki banyak jenis talas. Terbukti beberapa diantaranya yang telah dikenal luas masyarakat yakni Talas Bogor. Namun demikian, beberapa daerah lain ternyata juga memiliki varietas unggulan seperti halnya Talas Singkawang.

Belakangan ini Talas Singkawang yang juga telah dipatenkan ini ternyata mulai bersaing dengan talas unggulan dari daerah lain. Sebagaimana karakteristik talas yang diantaranya sebagai komoditas pertanian unggulan saat ini ternyata kaya akan manfaat. Salah satu di antaranya mudah diolah menjadi berbagai makanan.

Adalah masyarakat dan satu diantaranya kelompok tani Bangkit Bersama, desa Semelagi Kecil, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang yang hingga kini telah merasakan manisnya bertanam talas khas Singkawang. Selain terus mendapat dukungan pemerintah lewat dinas terkait, komoditi serta produk olahan talas khas Singkawang ini juga berhasil menarik perhatian dari para wakil rakyat.

Diantaranya anggota DPRD Provinsi Kalbar dari daerah pemilihan Singkawang-Bengkayang, Sudiantono serta Susi Wu yang merupakan anggota DPRD Kota Singkawang dari Partai NasDem. Termasuk anggota DPRD Singkawang dari PKS yakni Paryanto, SE., disamping merupakan penggagas dan motivator kelompok, serta lurah Semelagi Kecil, yakni Bapak Kusnadi.

Keduanya, pada Sabtu (10/04/2021) menyempatkan diri hadir dalam rangka panen perdana talas khas Singkawang di lahan kelompok tani Bangkit Bersama yang diketuai Zulfikar. Di hamparan lahan talas tersebut, Sudiantono dan Susi Wu serta para undangan lainnya merasakan sensasi mulai dari memanen, memuat hasil panen ke atas mobil pickup hingga melihat langsung proses pengolahan talas menjadi keripik.

Khusus olahan keripik talas khas Singkawang, juga telah berhasil tidak hanya di pasaran lokal namun juga menembus pasar ekspor hingga ke Malaysia. Lewat kepiawaian Ruliansyah Keke, keripik talas khas Singkawang ini memiliki cita rasa yang beragam dan pastinya lebih renyah, fresh dan harga terjangkau.

Hingga saat ini, bagi yang berminat dapat langsung mencicipi keripik talas Ruliansyah “Keke” yang setiap harinya bisa dijumpai lapak dagangannya di Jalan Setia Budi, tepatnya di persimpangan dealer Kapuas Motor, Singkawang Barat.

“Alhamdulillah, panen perdana kali ini sesuai target yang diharapkan dan semoga ini menjadi berkah serta motivasi kawan-kawan petani lainnya. Termasuk kehadiran pak Sudiantono dan ibu Susi serta undangan lain, kami sangat berterima kasih,” tutur Zulfikar. (Topan)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.