Wakil Menteri ATR/BPN Hadiri Sosialisasi Pengadaan Tanah untuk Jalan Bandara Singkawang

by -434 views
menteri atr/bpn di singkawang
Acara sosialisasi pengadaan tanah untuk jalan bandara di balairung Kantor Wali Kota Singkawang. (Foto: Topan/ reaktifnews.com)

ReaktifNews.com (Singkawang, Kalbar) – Pemerintah Kota Singkawang mensosialisasikan pengadaan jalan akses bandara Singkawang kepada masyarakat yang terdampak, di Balairung Kantor Wali Kota Singkawang yang juga turut dihadiri langsung wakil menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) saat ini, Dr. Surya Tjandra, S.H, LL.M, Senin (28/6/2021).

“Kehadiran saya di Singkawang, karena di minta datang oleh Wali Kota Singkawang untuk menghadiri acara sosialisasi pengadaan jalan akses menuju bandara Singkawang,” kata Surya.

Lebih lanjut dikatakan, sosialisasi ini merupakan bagian penting dari kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah. “Pembangunan itu bisa dilakukan khususnya di daerah-daerah yang berada di perbatasan negara, seperti Kota Singkawang Kalbar yang berbatasan langsung dengan Malaysia,” jelasnya.

Surya Tjandra berharap dengan ini masyarakat Kota Singkawang bisa paham dan menilai sudah waktunya Kota Singkawang punya bandara. “Tinggal bagaimana nanti pemerintah daerah memikirkan pengembangan infrastruktur untuk jalan akses ke bandara dan sebaliknya. Sekaligus juga harus memikirkan potensi ekonomi setelah dibangunnya bandara,” jelas Surya yang juga merupakan alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia ini.

Sementara itu, Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie kepada media memastikan kehadiran masyarakat tidak semata hanya hadir. Mereka termasuk memberikan dukungan. Bahkan sebagian besar dari mereka bersedia menghibahkan tanahnya untuk pembangunan jalan akses bandara.

Tjhai Chui Mie juga berjanji, akan menyampaikan kembali berapa total keseluruhan tanah yang akan dihibahkan dari masyarakat Kota Singkawang untuk pembangunan jalan akses bandara.

“Masyarakat yang menghibahkan lahan kita undang makan malam guna mengetahui siapa-siapa saja yang mau menghibahkan. Termasuk berapa luas lahan yang akan kita dapatkan buat pembangunan jalan akses bandara,” terangnya.

Tahapan lanjutan yakni menyampaikan sertifikat/SKT dari masyarakat ke Menteri PUPR. Hal ini agar pemerintah pusat dapat mengucurkan anggaran pembangunan jalan akses menuju bandara Singkawang, termasuk untuk landasan pacu bandara yang telah dibahas sebelumnya bersama Menteri Perhubungan.

“Untuk pembangunan landasan pacu, telah disampaikan beliau akan menganggarkan kembali di tahun 2021. Kita akan dapat 100 miliar,” kata Tjhai Chui Mie. (*Topan/Aab)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.