Saluran Mampet, Warga Gotong Royong Bersihkan Selokan

by -457 views
kerja bakti singkawang tengah
Camat singkawang tengah bersama OPD serta perangkat desa lainnya termasuk warga membersihkan selokan Gang Sepakat, Jumat (16/7) pagi.

ReaktifNews,com (Singkawang, Kalimantan Barat) – Dikomandoi Camat Singkawang Tengah, Hasan Nasiruddin S.H, warga beserta Lurah Roban, dinas Lingkungan Hidup dan perangkat desa lainnya bekerjasama membersihkan selokan yang sudah banyak tertumpuk lumpur bercampur dan limbah rumah tangga di sepanjang aliran selokan, tepatnya di bilangan Jalan Pahlawan, Gang Sepakat, Jumat (16/7) pagi.

Sampah yang menumpuk di dalam selokan cukup banyak, sehingga aliran selokan tidak lancar, warga kemudian membersihkan sampah yang telah berwarna hitam pekat dari selokan. Mobil kebersihan dari dinas Lingkungan Hidup juga dikerahkan untuk mengangkut limbah yang sebelumnya meluber hingga mencapai bahu jalan.

“Dalam rangka menimbulkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kegiatan gotong royong, sekaligus membersihkan saluran air atau got yang selama ini dikeluhkan warga banyaknya sampah dan lumpur menumpuk di aliran selokan tersebut,” ungkap Camat Singkawang Tengah, Hasan Nasiruddin S.H.

Hasan juga mengaku kegiatan gotong royong semacam ini telah diprogramkan di setiap Kelurahan.

“Rutin tiap jumat tepatnya, di kelurahan masing-masing. Sekali lagi, budaya gotong royong ini budaya kita dan sangat bermanfaat,” tuturnya.

Sementara, salah satu warga yang turut ikut andil membersihkan selokan di sepanjang Gang Sepakat Roban, Indra mengaku dirinya merasa terpanggil untuk dapat menjaga kebersihan lingkungan, terutama saluran air yang rawan tersumbat.

“Dengan adanya gotong royong seperti ini selain lingkungan bersih, kita juga bisa mempererat tali silaturahmi antar warga, saluran air itu memang banyak sampah, air agak terhambat mengalir,” katanya.

Dari pantauan reaktifnews.com, memang dipandang perlu adanya perbaikan dan pembangunan parit di lingkungan padat penduduk sebagaimana di Kelurahan Roban. Hal ini agar air hujan dan air penggunaan rumah tangga bisa mengalir dan mencegah terjadinya luapan air hujan pada saat musim hujan nantinya. (*/ Topan/ reaktifnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.