Non Ligitasi, Solusi Ampuh Tuntaskan Sengketa

by -303 views
budi wijaya tengah melakukan upaya mediasi
Jalannya proses perkara yang dimediasi.

Singkawang Kota – Budi Wijaya,S.Ag,M.Pd, C.Med selaku mediator dari unsur non hakim yang telah mengantongi SK penugasan dari Ketua Pengadilan Negeri Singkawang No.W17-U2/1463/OT.013/72021, mengatakan kepada reaktifnews.com bahwa publik di kota-kota maju dan berkembang dewasa ini dalam menyelesaikan sengketa diantara mereka lebih memilih upaya penyelesaian perkara melalui jalur non ligitasi.

“Sekarang di daerah lain yang lebih maju dan berkembang, masyarakatnya lebih memilih proses mediasi yang memang ruhnya adalah win-win solution itu. Ini jelas lebih efektif dengan biaya murah,” terang Budi Wijaya yang juga tenaga pengajar di SMAN 4 Singkawang, Selasa (03/08/2021).

Budi Wijaya selaku mediator independen NSM.003/JUSTITIA/I/2021 serta selaku anggota Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) dari unsur ASN Kota Singkawang ini juga turut mencontohkan bahwa permohonan penyelesaian melalui jalur mediasi ditanggung oleh kedua belah pihak.

“Intinya proses non ligitasi ini adalah alternatif dispute resolution. Jadi kami melayani penyelesaian sengketa atau beda pendapat melalui prosedur yang disepakati para pihak, yakni penyelesaian di luar pengadilan dengan cara konsultasi, negoisasi, mediasi, atau penilaian para ahli. Itu yang kita kedepankan,” terang mantan ketua KNPI Singkawang ini dan sekarang berkantor di Jalan Alianyang, tepatnya di samping kantor BKPSDM Kota Singkawang tersebut.

Budi Wijaya selaku mediator bersertifikat serta terdaftar di Pengadilan Negeri Singkawang ini juga tidak sendirian. Bersamanya juga ada nama-nama lain yakni Sabar Prihantoro, SH., Rini Masyithah,SH, M.Kn, Roby Hermawan Citra, SH, MH., Candran Roladica Lumbanbatu, SH, MH., yang kesemuanya memang merupakan murni para praktisi hukum tersebut.

“Saya berharap masyarakat kita benar-benar memanfaatkan jalur non litigasi ini sebagai bagian dari penyelesaian sengketa alternatif mereka. Silahkan mungkin ada yang mau konsultasi atau semacamnya silahkan hubungi saja ke nomor 0852-8741-1971, segera nanti kita bantu,” pungkasnya. (*/ RN/ top)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.