Upaya Kota Singkawang Merawat Sungai Tempat Berpijak

by -374 views
tebing sungai singkawang 2021

Singkawang Kota – Termasuk dalam Kota sungai, maka Singkawang harus kembali mengangkat martabat air. Kelangsungan kehidupan kota sungai, termasuk pula di Kota Singkawang sangat tergantung pada kemampuan manusia menjaga keberadaan air sungai beserta ekosistem tepian sungai dari hulu ke hilir.

Sadar akan hal ini, pemerintah kota (Pemkot) Singkawang tidak mengabaikan keberlanjutan keberadaan sungai untuk memberikan manfaat besar bagi kehidupan, khususnya di Kota Singkawang itu sendiri. Sungai menjadi simbol kemakmuran dan kesejahteraan peradaban kota, seperti Melbourne dengan Sungai Yarra-nya, Kairo-Sungai Nil, Paris-Sungai Rheine, dan London-Sungai Thames.

Ketika kota mengingkari keberadaan sungai dan menjadikannya halaman belakang, tempat membuang sampah, limbah, dan hajat, sungai menjadi jamban terpanjang di dunia. Air sungai berubah menjadi sumber malapetaka, berwarna hitam pekat, menebar aroma tak sedap, dan sumber penyakit lingkungan. Badan sungai menyusut dijejali bangunan hunian tak berizin. Kondisi lingkungan di hulu dan di sepanjang bantaran sungai memburuk dan mempercepat pendangkalan sungai.

Puncak kemurkaan di musim hujan air sungai meluap membanjiri permukiman dan melumpuhkan kota. Peradaban kehidupan kota mundur dan kota menuai bencana ekologis berkepanjangan. Tentu saja Pemkot Singkawang lagi-lagi sadar akan hal ini.

Pantauan reaktifnews.com Rabu, (1/9/2021) mendapati beberapa upaya saat ini tengah dilakukan terhadap sungai Singkawang, diantaranya dengan membuat pengaman tebing sungai. Upaya-upaya serupa tentu saja sangat diharapkan dan perlu mendapat dukungan segenap pihak. (RN/ Top/ Winda)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.