PGRI SINGKAWANG GAGAS PENDIRIAN KOPERASI KUSUMA BANGSA

by -112 views
Pertemuan penggagas koperasi PGRI Kusuma Bangsa Kota Singkawang di kantornya.

SINGKAWANG KOTA – Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Singkawang terus berjuang untuk kepentingan seluruh guru di Kota Singkawang terutama dalam hal kesejahteraan. Salah satu upaya yang dilakukan yakni menggagas berdirinya koperasi PGRI Kusuma Bangsa.

“Alhamdulillah, saat ini kita berkuumpul di kantor koperasi PGRI kusuma bangsa diantara agendanya yakni mematangkan terkait proses pendirian koperasi PGRI kusuma bangsa tersebut. Insya Allah koperasi PGRI ini akan kami launching dalam waktu dekat,” ujar juru bicara sekaligus salah satu penggagas koperasi PGRI Kusuma Bangsa Kota Singkawang, Budi Wijaya, kepada reaktifnews.com, Rabu (27/10/2021).

Budi Wijaya yang juga merupakan mediator non hakim/non verbal serta telah yang mengantongi SK Pengadilan Negeri Singkawang ini menjelaskan, pendirian koperasi PGRI Kusuma Bangsa Kota Singkawang sebenarnya sudah direncanakan sejak jauh hari dan terus dimatangkan.

“Tentu saja semangat kita selain meningkatkan tali silaturahmi, kami berharap adanya koperasi PGRI Kusuma Bangsa Kota Singkawang bisa mensejahterakan seluruh anggota yang nantinya bergabung mulai dari pengrus PGRI Kota Singkawang, pengurus cabang kecamatan, dan juga para guru,” ucapnya.

Menurut Budi Wijaya, seorang guru memang wajib memiliki sikap profesional, tapi semua itu harus diimbangi dengan kesejahteraan yang cukup. Sehingga guru bisa lebih fokus dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

“Oleh karena itu, meski koperasi ini diutamakan untuk pengurus PGRI Kota Singkawang dan kecamatan, tapi kami berharap banyak guru yang terlibat. Dengan masuk koperasi PGRI Kusuma Bangsa Kota Singkawang nantinya tidak semata guru itu saja yang merasakan manfaatnya, tapi juga berdampak pada keluarga guru tersebut yang mana nanti akan terbuka peluang kerja dari cabang-cabang usaha kita,” tutur Budi Wijaya yang juga ketua cabang PGRI Kecamatan Singkawang Selatan ini.

Harapan tentu saja segenap pihak nantinya mendukung niat baik berdirinya koperasi PGRI Kusuma Bangsa Kota Singkawang ini. “Insya Allah selanjutnya kita akan legitimasi koperasi bersama anggotanya dan tentu saja bersama pemkot Singkawang dalam hal ini dinas Perindagkop dan dinas Pendidikan untuk turut serta kita sama-sama membesarkan para guru. Saya yakin dengan maju dan sejahteranya guru maka pendidikan di kota Singkawang juga akan lebih maju,” terang Budi Wijaya.

Sementara itu turut hadir dalam pertemuan tersebut yakni seorang pengusaha muda Kota Singkawang, Hermanto Afung, sekaligus sebagai pihak yang secara langsung memfasilitasi berdirinya koperasi PGRI Kusuma Bangsa Kota Singkawang ini. Ia menyatakan kiprahnya ini merupakan bagian dari baktinya kepada masyarakat Kota Singkawang khususnya dalam masa pandemi.

“Tentu semangat kawan-kawan PGRI ini patut didukung. Kita semua tahu dan merasakan betapa pandemi yang melanda ini sangat berimbas keseluruh sektor, termasuk dirasakan oleh kalangan guru,” ujar Hermanto Afung yang juga merupakan mantan kepala operasional dealer motor Kapuas Motor Singkawang tersebut.

Lanjutnya dengan berdirinya koperasi PGRI Kusuma Bangsa Kota Singkwang nantinya akan terbangun inovasi serta ekosistem ekonomi arus bawah dalam hal ini dari jalur PGRI Kota Singkawang khususnya. Tidak mustahil pula nantinya koperasi dimaksud menjadi sentra bisnis PGRI Kota Singkawang, sebab paradigma koperasi adalah ekonomi bersatu. Seiring perkembangan di era revolusi industri 4.0 yang notabene adalah ekonomi kompetitif maka paradigma koperasi juga mesti harus berkembang.

“Bersatu, membangun kekuatan dan kemandirian secara bersama-sama untuk meningkatkan produktivitas, kualitas dan daya saing di era ekonomi kompetitif. Disinilah koperasi ini diharapkan berperan menjadi tulang punggung bagi para guru,” jelas Hermanto Afung yang juga mantan analist kredit di Fortuna Multi Finance (FMF) ini.

Hermanto Afung berharap, melalui model bisnis kemitraan tersebut akan terbangun ekosistem ekonomi koperasi dengan beragam sentra bisnis nantinya. Hal tersebut diharapkan pula oleh Hermanto Afung yang lama ikut berkecimpung di PT Aneka Makmur Sejahtera Group yakni benar-benar terwujud kesejahteraan dari anggota koperasi PGRI Kusuma Bangsa Kota Singkawang. (*/ reaktifnews.com/ Nano/ Zulfikar)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.