Presiden Jokowi Resmikan Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka Tidak Padam

by -101 views
Presiden Joko Widodo meresmikan Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka Tidak Pernah Padam.
Presiden Joko Widodo meresmikan Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka Tidak Pernah Padam, di Lapangan Bela Negara, Kementerian Pertahanan, Jakarta (09/11). (Dok/Foto: BPMI Satpres/ Lukas)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo meresmikan Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka Tidak Pernah Padam di Lapangan Bela Negara, Kementerian Pertahanan, Jakarta, pada Selasa, 9 November 2021. Keberadaan tugu ini akan menambah pengingat kepada seluruh bangsa Indonesia untuk terus menyalakan semangat, yaitu semangat untuk menjaga Pancasila, semangat menjaga persatuan, kesatuan, dan kerukunan nasional, serta semangat untuk terus berinovasi memajukan negeri.

“Bung Karno pernah menyatakan: warisi apinya, jangan abunya. Warisi semangat yang menyala-nyala, semangat untuk memperjuangkan kemerdekaan, semangat untuk mengisi kemerdekaan, dan semangat untuk membangun Indonesia maju,” ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Turut hadir dalam acara tersebut yaitu Presiden ke-5 RI sekaligus putri Bung Karno, Megawati Soekarnoputri, yang hadir secara virtual, putra Bung Karno Guntur Soekarnoputra dan Guruh Soekarnoputra, para pimpinan lembaga negara antara lain Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman, Ketua Mahkamah Agung Muhammad Syarifuddin, dan Ketua Komisi Yudisial Mukti Fajar Nur Dewata.

Selain itu, turut hadir pula Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Upacara Peringatan Hari Pahlawan Pemkot Singkawang 

Sementara itu, peringatan Hari Pahlawan kali ini dilaksanakan oleh Pemkot Singkawang dengan menggelar apel di halaman kantor Wali Kota Singkawang. Selaku pembina upacara yakni Wakil Wali Kota Singkawang, H Irwan, sekaligus membacakan sambutan tertulisnya sesuai tema Hari Pahlawan pada 10 November 2021 yakni Pahlawanku Inspirasiku.

Selain diisi dengan pengibaran bendera merah putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dinyanyikan oleh seluruh peserta upacara dari TNI/Polri, SatPol PP beserta ASN dan pelajar/mahasiswa secara terbatas. Dalam momentum kali ini juga turut dilakukan prosesi mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan.  (*BPMI Setpres/RN/Singkawang)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.