Pemda Inovatif, Pemerintah Pusat Berikan Apresiasi

by -69 views
Walikota TCM
Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie.

Reaktifnews.com – Pemerintah pusat terus mendorong seluruh pemerintahan di daerah (Pemda) untuk berlomba-lomba melahirkan pembaharuan dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah yang berpedoman pada prinsip peningkatan efisiensi, perbaikan efektivitas, perbaikan kualitas pelayanan, tidak ada konflik kepentingan, berorientasi kepada kepentingan umum serta dilakukan secara terbuka.

Salah satu bentuk penilaian dan apresiasi pemerintah pusat terhadap semangat dan keberhasilan pemerintah daerah yakni dengan memberikan Innovative Government Award (IGA) oleh Kementerian Dalam Negeri melalui Badang Litbang.

Acara tahunan ini merupakan momentum untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan peningkatan daya saing daerah. Pasalnya, hal itu masih membutuhkan usaha dan kerja keras secara kolaboratif dari seluruh pemangku kepentingan.

Penghargaan Innovative Government Award (IGA) diberikan kepada pemerintah daerah yang telah berinovasi, sehingga menghasilkan banyak manfaat. Manfaat itu bukan hanya bagi daerah, melainkan bagi bangsa dan negara.

“Inovasi dan terobosan tersebut, merupakan cikal bakal dari upaya menuju meningkatnya daya saing daerah, yang kemudian akan terakumulasi menjadi peningkatan daya saing secara nasional,” kata Mendagri, Muhammad Tito Karnavian, dalam sambutannya pada malam puncak IGA di The Sultan Hotel and Residence, Jumat (18/12/2020) tahun lalu.

Kota Singkawang Nominator IGA Tahun 2021

Kota Singkawang kembali masuk sebagai salah satu nominator penerima penghargaan Innovative Government Award (IGA) tahun 2021. Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie juga telah mempresentasikan inovasi-inovasi daerah Kota Singkawang secara virtual di TCM Room, pada Rabu (24/11/2021).

Diketahui Sebanyak 46 inovasi daerah dilaporkan pada IGA tahun 2021 ini. Diantaranya, 14 inovasi tata kelola Pemerintah Daerah, 26 inovasi pelayanan publik, dan 6 inovasi daerah sesuai dengan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah.

Mall Pelayanan Publik (MPP) digadang sebagai inovasi daerah kota Singkawang yang menjadi unggulan dan dipresentasikan oleh Wali Kota Singkawang.

“Mall Pelayanan Publik dipilih dari sejumlah inovasi daerah yang dilaporkan kepada tim juri. Inovasi daerah ini kita anggap paling penting jika dilihat dari berbagai aspek. Karena terjadi peningkatan realisasi retribusi sektor perizinan dan realisisasi nilai investasi kota Singkawang tahun 2019 dan tahun 2020 setelah diterapkan MPP ini.” ujar Tjhai Chui Mie. (Anno/ reaktifnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.