Rembuk di Rumah Melayu, Upaya Biak Singkawang Pelihara Toleransi

by -347 views
silaturahmi biak singkawang berlangsung di balai serumpun rumah melayu kota singkawang.
Silaturahmi Singkawang Hebat, Singkawang Kota Tertoleransi Se-Indonesia di balai serumpun Rumah Adat Melayu Kota Singkawang, Jumat (10/12/2021).

Reaktifnews.com – Seluruh komponen masyarakat di Kota Singkawang terus berupaya memelihara toleransi di kota yang sering dijuluki sebagai “Indonesia Mini”, hal ini memang mutlak untuk dilakukan. Sebagaimana tujuan tersebut, tadi malam diselenggarakan acara bertemakan Silaturahmi Singkawang Hebat, Singkawang Kota Tertoleransi Se-Indonesia. Bermula pukul 19.30 WIB di Balai Serumpun Rumah Adat Melayu Kota Singkawang, Jumat (10/12/2021).

Selain inisiator silaturahmi dari Bala Komando Pemuda Melayu Singbebas, dihadiri setidaknya oleh seratusan orang perwakilan unsur TNI/Polri, masyarakat, pemuda serta mahasiswa tersebut mengusung agenda penting lainnya yakni membuat kesepakatan bersama atas kisruh oganisasi masyarakat (Ormas) dan organisasi kepemudaan (OKP) dengan oknum Satpol PP yang terjadi pada Kamis (25/11/2021) lalu.

Termasuk pula dalam silaturahmi kali ini dilakukan penyerahan hasil sumbangan dari masyarakat Singkawang kepada Pemkot Singkawang untuk disalurkan kepada korban banjir beberapa waktu lalu yang melanda Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

Khusus menanggapi insiden yang terjadi serta melibatkan Ormas berikut OKP dengan oknum Satpol PP Kota Singkawang, perwakilan dari Melayu Foundation Kalbar, Zikriadi, mengatakan silaturahmi ini murni bertujuan merawat toleransi yang telah menjadi ikon Kota Singkawang termasuk dalam bingkai ketentraman dan keamanan nasional.

“Jadi semua elemen ini berkumpul. Inisiasi bang Dedi Mulyadi kita selaku panglima muda dari unsur Bala Komando Pemuda Melayu. Tujuannya jelas, menyatukan sikap yang sarat toleransi, mengimplementasikannya, kemudian memompa semangat seluruh elemen untuk merawat toleransi tersebut. Patut kita apresiasi, ini juga upaya yang terus menerus kami kerjakan bersama,” tutur Zikri.

Namun demikian, sayangnya acara yang berlangsung penuh kekeluargaan tadi malam luput dari kehadiran perwakilan pihak Pemkot maupun DPRD Kota Singkawang.

Zikriadi berharap, dari hasil kesepakatan silaturahmi tersebut dalam waktu dekat perwakilan mereka berencana akan melakukan audiensi dengan Pemkot termasuk pihak DPRD Singkawang.

“Disepakati dalam waktu dekat akan melakukan audiensi ke pemkot maupun pihak DPRD kita. Ya silaturahmi juga tujuannya. Kita juga berharap atas insiden yang terjadi, pihak yang diamankan di polres singkawang ini sebaiknya dikenakan wajib lapor saja. Proses hukum lainnya ya silahkan dilanjutkanlah sebagaimana mestinya,” tutup Zikri. (*/ reaktifnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.