Patut Ditiru, Begini Cara Berdemokrasi Warga Amrat Singkawang Gelar Pemilihan Ketua RT di Tengah Pandemi

by -421 views
Patut ditiru, warga Jl. Gunung Merapi/Amrat gelar pemilihan ketua RT secara langsung.
Patut ditiru, warga Jl. Gunung Merapi/Amrat gelar pemilihan ketua RT secara langsung. (Foto/Dok: Top)

REAKTIFNEWS.COM – Kondisi pandemi Covid-19 memang menimbulkan sejumlah dampak dan untuk itu membutuhkan penyesuaian. Namun bukan berarti menjadikan halangan kegiatan di masyarakat tidak bisa terlaksana, semisal merayakan pesta demokrasi guna memilih pemimpin baru.

Hal ini seperti yang dilakukan warga Amrat, Jalan Gunung Merapi RT 29 RW 12, Pasiran, Singkawang Barat, Kota Singkawang, mereka tetap menggelar pemilihan Ketua RT secara langsung, namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Mengambil tempat strategis di halaman rumah warga yang sebelumnya telah disepakati bersama, proses pemilihan yang bermula dari pagi hingga siang hari ini sesuai pantauan reaktifnews.com berjalan sukses, pada Minggu (9/1/2022).

Layaknya gelaran Pilpres, Pileg maupun Pilkada yang berlangsung sebelumnya. Dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, panitia mengatur jalannya proses pemilihan, mulai dari pendaftaran peserta, pencoblosan, hingga penghitungan suara. Semua dilakukan tanpa sedikitpun meninggalkan penerapan protokol kesehatan.

Ketua Panitia Pemilihan Firdaus mengatakan, seluruh warga secara umum memiliki hak suara. Namun karena harus menyesuaikan dengan situasi pandemi covid. Setiap KK (Kepal keluarga) diwakili oleh satu orang. Dengan ketentuan ini, tidak semua warga datang ke arena pemilihan, sehingga kerumunan bisa diminimalisir.

“Satu KK memiliki satu hak suara. Sehingga, tidak begitu menimbulkan kerumunan. Selain itu, pelaksanaan pencoblosan juga dibatasi mulai pukul 08.30 – 10.00 WIB. Para pemilih, juga diatur waktu datang ke TPS. Sehingga tidak bersama-sama. Kami juga menyediakan sarana prasarana lengkap, untuk protokol kesehatan,” Firdaus.

Sementara itu, pesta demokrasi warga level paling bawah ini selain disaksikan perangkat Kelurahan termasuk pula petugas Bhabinkamtibmas Pasiran, juga dibantu oleh pihak independen yakni beberapa mahasiswa FISIP UNTAN yang tengah melakukan program pengabdian sekaligus praktek lapangan.

Sedangkan seorang tokoh masyarakat, Anton Triady menyampaikan kegiatan pemilihan ketua RT di RT 29 RW 12 ini sebagai wujud demokrasi ditingkat paling bawah. Meski dilakukan di saat pandemic, kegiatan ini bisa dilaksanakan dengan baik dan diharapkan menjadi contoh bagi yang lain.

“Selamat dan terima kasih buat semua warganya, karena kegiatan ini akhirnya bisa dilaksanakan dengan lancar. Semua pihak bisa mengaplikasikan protokol kesehatan dengan tepat dan efektif. Mudah-mudahan ini bisa menjadi contoh yang baik untuk masyarakat yang lain,” ujar Anton Triady, yang merupakan seorang legislator di DPRD Kota Singkawang dari partai PDIP ini, secara terpisah.

Pemilihan yang digelar, pada akhirnya menempatkan calon nomor urut 2, Ridho Habibi, S.Pd (Ridho) mendapatkan 73 suara, dan nomor urut 2 Ibu Yuraida mendapatkan 45 suara. Dari total suara yang ada di kotak suara pemilih, hadir 122 orang dan memberikan suara. Sebanyak empat suara di antaranya dinyatakan tidak syah.

Dengan demikian, Ridho Habibi, S.Pd (Ridho) ditetapkan sebagai ketua RT 29 RW 12, Amrat, Pasiran, Singkawang Barat, Kota Singkawang. “Terima kasih buat seluruh warga dan insya Allah amanah yang diberikan ini dapat saya jalankan dengan sebaik-baiknya,” jelas Ridho. (Top/ reaktifnews.com/ SKW)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.