DeUKM Singkawang: Penguatan, Pemberdayaan Koperasi dan UMKM

by -258 views
Dewan UKM Kota Singkawang.
Ketua DeUKM Kota Singkawang, Budi Wijaya. (Foto/Dok: RN)

REAKTIFNEWS.COM – Koperasi bersama-sama dengan UMKM diketahui penyumbang serta sangat berkontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional.

Untuk itu pemerintah harus memastikan adanya dukungan berkelanjutan, baik dari sisi pembiayaan, pelatihan kewirausahaan, maupun strategi penjualan sehingga produk UMKM berdaya saing.

Kabar baik bagi sektor koperasi maupun UKM di Kota Singkawang, telah terbentuk kepengurusan Dewan UKM (DeUKM) Kota Singkawang. Kehadiran DeUKM Kota Singkawang diharapkan mempertegas keberpihakan untuk membangun UMKM yang berdaya saing.

“Alhamdulillah legalitas kita diakui dan kepengurusan juga sudah terbentuk. DeUKM kota Singkawang selalu siap untuk memperjuangkan aspirasi pelaku UMKM. Kita juga ingin bersinergi bersama membangun sektor UMKM ini,” tutur Ketua DeUKM Kota Singkawang, Budi Wijaya, S.Ag, M.Pd., kepada reaktifnews.com, Jumat (11/2).

Sementara itu sekretaris DeUKM Kota Singkawang, Hermanto, menambahkan bahwa Dewan UKM Indonesia telah melakukan konsolidasi dan kerja-kerja kelembagaan yang nyata. Saat ini Dewan UKM telah berada di 32 provinsi di Indonesia dan perwakilan organisasi di lebih dari 200 Kab/Kota di Indonesia.

Dewan UKM diharapkan akan berperan sebagai penyambung aspirasi pelaku UMKM yang berada di seluruh wilayah Indonesia. “Tentu kita sangat mengharapkan dukungan yang nyata dari pemangku kebijakan untuk mendorong kemajuan UMKM di Kota Singkawang,” tandas Hermanto.

Lanjutnya, usai pertemuan dengan Disperindag dan UKM Kota Singkawang maka rencana lanjutan DeUKM Kota Singkawang bakal melakukan audiensi kepada Wali Kota Singkawang dan selanjutnya menentukan waktu yang tepat guna pelantikan pengurus DeUKM Kota Singkawang.

“Kita bersyukur pihak Disperindagkop Singkawang melalui Kabid Koperasi menyambut baik kehadiran kita ini. Dalam waktu dekat juga kami akan melakukan audiensi ke Ibu Wali Kota serta menentukan waktu yang tepat pelantikan pengurus. Kelanjutannya nanti setelah kami menghadap beliau,” pungkas Hermanto. (*/rn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.