Dewan UKM Kota Singkawang Sambut Keinginan Gubernur Kalbar

by -228 views
Gubernur Kalbar H. Sutarmidji, S.H., M.Hum.
Gubernur Kalbar saat membuka Dialog Interaktif rangkaian HUT ke-65 Pemprov Kalbar. (kalbarprov.go.id)

REAKTIFNEWS.COM – Pernyataan Gubernur Kalbar saat membuka Dialog Interaktif rangkaian HUT ke-65 Pemprov Kalbar yang mengusung tema “UMKM Kalbar Tangguh di Masa Pandemi COVID-19 dan Tumbuh untuk Kalbar Sejahtera” di Hotel Grand Mahkota Pontianak, Rabu, (9/2/2022) beberapa waktu lalu mendapat sambutan dari Sekretaris Dewan UKM Kota Singkawang, Hermanto Afung, Sabtu, (12/2/2022).

Diakui memang para pelaku UMKM utamanya di daerah harus lebih giat mengembangkan tampilan produk, kreativitas serta mempertajam model pemasaran produk-produk mereka. “Tentu saja kita sepakat dengan apa yang Bapak Gubernur sampaikan. Mendorong penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada dan sudah dikenal ini wajib dilakukan, hal ini merupakan salah satu kunci daya saing,” jelas Afung.

Data yang disebut-sebut Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., bahwa UMKM memiliki kontribusi besar terhadap PDB Kalbar yaitu sebesar Rp 800 Triliun (61,97%) pada tahun 2020. Termasuk indikator lain yakni mampu menyerap 97% tenaga kerja di dunia usaha, menjadi alasan kuat bagi pemerintah dan stakeholder terkait seperti perbankan, untuk bersama bahu-membahu serta memberikan perhatian lebih untuk pengembangan UMKM, apalagi saat ini pandemi COVID-19 masih berlangsung.

“Selain terbukti memberikan dampak signifikan terhadap total nilai produksi dan jasa terhadap daerah termasuk efektif menyerap tenaga kerja. Tentu harapan kita sektor UMKM jadi skala prioritas. Inilah antara misi Dewan UKM hadir, kita mau UMKM yang ada khususnya di Singkawang benar-benar hebat di tahun ketiga pandemi COVID-19 seperti halnya sekarang,” pungkasnya. (*/RN)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.