Kadis PKPP Kota Singkawang Dorong Ketahanan Pangan Di Lingkungan Sekolah

by -359 views
Pemanfaatan lahan pekarangan sekolah di Singkawang.
Dinas PKPP Kota Singkawang dorong program Ketahanan Pangan melalui kampanye pemanfaatan lahan pekarangan di SMP Negeri 4 Singkawang. (Foto: Istimewa)

REAKTIFNEWS.COM, Singkawang – Program ketahanan pangan tak hanya menyasar lingkungan tempat tinggal, Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang melalui Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan Dan Perikanan (PKPP) pun turut melibatkan sekolah. SMP Negeri 4 Singkawang diantara sekolah yang dituju guna mendukung program nasional tersebut.

Kepala Dinas PKPP Kota Singkawang Dwi Yanti mengatakan selain untuk menanamkan budaya bercocok tanam sejak dini khususnya kepada siswa, dengan adanya ketahanan pangan ini juga dapat memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri dan tentunya agar roda perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19 tetap berjalan.

“Ini merupakan bagian dari kampanye gerakan pemanfaatan pekarangan yang kita gencarkan. Termasuk juga kontribusi kami dari dinas untuk percepatan penganekaragaman konsumsi pangan dan optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan masyarakat, termasuk di sekolah-sekolah juga,” jelas Dwi Yanti di sela-sela kegiatan, Jumat (25/2).

Dikatakan pula, tujuan lain yakni bentuk kolaborasi menekan stunting di Koata Singkawang. Diharapkan dengan pemanfaatan lahan pekarangan ini nantinya dapat membantu percepatan pelaksanaan program percepatan penurunan stunting terlebih di tengah kondisi pandemi dan paska pandemi COVID-19.

“Saya berharap bantuan bibit aneka sayuran dan tanaman ini dapat membantu ketersediaan bibit bagi pihak sekolah. Juga para generasi muda kita para siswa ini lebih terbuka pola pikirnya untuk memanfaatkan lahan pekarangannya sebagai upaya ketahanan pangan keluarga melalui pemenuhan pangan dan gizi. Bahkan nanti dapat dijadikan sebagai salah satu sumber tambahan pendapatan keluarga juga,” imbuhnya.

Semenatara itu, Kepala SMP Negeri 4 Singkawang Eka Shinta Sari mengakui sangat mengapresiasi perhatian dan bantuan yang diserahkan langsung oleh Kepala Dinas PKPP Singkawang tersebut.

“Alhamdulillah atas perhatian ibu kepala dinas pertanian dan tim. Tentu saja bibit sayuran maupun tanaman hortikultura yang diterima ini akan kami manfaatkan sebaik mungkin,” jelas Eka.

Ia juga mengakui bahwa di SMP Negeri 4 Singkawang selama ini juga memiliki program sebagaimana yang digencarkan oleh pemerintah melalui Dinas PKPP Singkawang.

“Kami juga punya program kebun sekolah dan kebun kelas. Ini upaya kami memberi pengetahuan lebih dan menyambut program ibu wali kota kita dan dinas tentunya yakni terkait ketahanan pangan sebagaimana dimaksud,” terangnya.

Motivasi yang diberikan khususnya oleh Dinas PKPP Singkawang melalui Kepala Dinas yang turun langsung ikut menanam diakui Eka juga sangatlah berarti.

“Atas nama pihak sekolah, saya sangat berterima kasih atas kehadiran beliau bersama tim kali ini. Semoga pemanfaatan lahan pekarangan sebagaimana yang pemerintah galakkan dan pihak sekolah canangkan yakni satu siswa satu tanaman itu menuai hasil sebagaimana yang diharapkan,” pungkas Eka. (*/RN)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.