Ramai Peminat, Pucuk Merah Garden: Segmen Hunian Mewah Terdepan Di Singkawang

by -678 views
Kawasan perumahan pucuk merah grand singkawang
Kawasan perumahan Pucuk Merah Grand. Foto: reaktifnews.com (Istimewa)

REAKTIFNEWS.COM, Singkawang – Ini dia, kawasan perumahan paling hits di Singkawang menurut pantauan reaktifnews.com,. Berada di bilangan Jalan Tani, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat yang kabarnya menawarkan varian tipe hunian dengan harga cukup terjangkau segmen terbilang mewah.

Kawasan ini dijamin tenang dan aman dengan penjagaan pos satpam berlapis-lapis. Pengembang juga menyediakan taman rekreasi serta kolam renang, termasuk resto.

Semaraknya pengembangan properti di Kota Singkawang dinilai menjadi magnet perekonomian baru seiring dengan pemulihan ekonomi akibat pandemi covid-19. Hal itulah yang menjadi peluang bagi pengembang untuk memenuhi kebutuhan hunian terintegrasi khususnya di wilayah Singkawang.

“Saat seperti ini, pemulihan ekonomi yang berjalan perlahan dirasakan berdampak pada sektor properti yang tumbuh perlahan,” jelas mantan anggota DPRD Singkawang yang saat ini bergiat selaku praktisi hukum, Ridha Wahyudi.

Ridha Wahyudi menilai pengembangan properti di Singkawang, termasuk kawasan Pucuk Merah Garden (PMG) khususnya juga akan memberikan dampak yang positif terhadap perekonomian sekitarnya. Misalnya, dalam hal penyerapan tenaga kerja untuk pembangunan properti.

“Lho ini pucuk merah udah jelas jadi magnet dan memang lokasinya strategis. Ciptakan tenaga kerja, sektor lain yang berhubungan dengan properti ikut berkembang seperti rumah makan, transportasi, perdagangan dan lainnya. Pekerja yang bekerja di sektor properti juga pastinya tidak hanya berasal dari kita (Singkawang), sehingga secara tidak langsung juga memberikan kontribusi bagi daerah lain,” ujar Ridha.

Lanjut Ridha, dalam mendukung pemulihan sektor properti akibat dampak dari covid-19 diakui pemerintah juga sudah memberikan sejumlah insentif sebagai bentuk relaksasi sektor ini. Di antaranya pembebasan Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Oleh karena itu, saat ini adalah waktu yang tepat dalam membeli properti.

“Di saat perekonomian yang masih belum pulih, biasanya memang produsen akan memberikan banyak promo agar penjualannya meningkat. Jika memang masyarakat memiliki kelebihan dana, investasi di properti jelas menguntungkan,” ungkapnya.

Salah satu yang melihat potensi peningkatan kebutuhan akan properti di Singkawang yaitu, Pucuk Merah Garden Singkawang. Namun demikian, selain diharapkan PMG Singkawang dapat memberikan kontribusi signifikan dengan diberikannya dukungan serta kemudahan oleh pemerintah, beberapa koreksi turut disampaikan Ridha Wahyudi yang sekarang berkantor di komplek Berdikari, Condong Kecamatan Singkawang Tengah ini.

“Ya, kita sepakat pengembang mesti memberikan kontribusi signifikan dan jelas. Perlu diperhatikan mungkin drainase di kawasan itu. Jangan sampai pengembangan wilayah ini justru mempengaruhi drainase penduduk sekitar. Pemkot memang sudah maksimal membuka kanal-kanal di wilayah itu, termasuk cisadane dan kelapa dua. Ibarat manusia, saluran ini kan semakin lama bakal menampung beban luar biasa. Jika tidak dirawat bisa ambyar juga akhirnya,” pungkas Ridha Wahyudi. (*/ren)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.