Ady Maryono, Dari Membangun Hingga Menerangi Jalan Umum Singkawang

by -316 views
Penerangan jalan umum (PJU) berbasis android.
Sistem pengendalian Penerangan Jalan Umum (PJU) melalui jaringan internet berbasis android atau PJU Mobile. Foto: (net)

REAKTIFNEWS.COM, Singkawang – Mantan Kabid Bina Marga dan Jasa Konstruksi Dinas PUPR, Ady Maryono, S.T., merasa bersyukur usai menjabat selaku Kabid Prasarana dan Pengembangan Transportasi Dinas Perhubungan Kota Singkawang. Pasalnya, jika dahulu ia bekerja membangun jalan-jalan umum yang ada di Kota Singkawang, sekarang kembali diberikan tugas antara lain menerangi jalan-jalan umum yang ada di Kota Singkawang.

“Alhamdulillah atas tugas maupun jabatan yang sekarang saya emban. Terima kasih kepada pemerintah kota singkawang khususnya sebab menempatkan saya di bidang baru kali ini,” tuturnya, Rabu (23/03).

Lanjutnya, semua tugas adalah panggilan Tuhan. Termasuk jabatan ASN hanyalah alat yang dipakai Tuhan untuk memberi kepercayaan. Karena itu, terpenting baginya kekompakan dan disiplin dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat di Kota Singkawang adalah yang nomor satu.

Program Anyar, Wujudkan PJU Mobile Singkawang

Saat disinggung program anyar apa saja yang akan dilakukan kedepan, Ady Maryono memaparkan konsep terkait sistem pengendalian Penerangan Jalan Umum (PJU) melalui jaringan internet berbasis android atau PJU Mobile.

Lanjutnya, menghidupkan dan mematikan lampu penerangan jalan umum biasanya dilakukan secara manual atau otomatis. Cara manual dilakukan dengan menggunakan saklar sedangkan cara otomatis dilakukan dengan menggunakan sensor cahaya (Light Depending Resistor=LDR) atau dengan Timer (Timeswitch).

“Kedepan kita rancang sebuah sistem pemantauan dan pengendalian lampu penerangan jalan umum (pju) melalui jaringan internet yang berbasis android,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, penggunaan Modul Ethernet dalam hal ini Arduino sebagai system komunikasi data dan smartphone android sebagai pemantau dan pengendali. Aplikasi android akan mengirimkan dan menerima sinyal informasi melalui jaringan internet menggunakan modem ke website sehingga data diterima modul ethernet shield yang kemudian diolah oleh arduino untuk mengendalikan lampu penerangan jalan.

System dimaksud rerata akurasi komparasi pengukuran arus sebesar 100% sedangkan rerata akurasi komparasi pengukuran tegangan sebesar 95.23%, system ini tentu saja lebih efisien. (*/rn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.