Pendidikan Karakter di Sekolah, Asmadi: Pendidikan Adalah Proses Memanusiakan Manusia

by -206 views
penutupan dan penyerahan hadiah Pengabdi Cup ke-VIII tahun 2022, Senin (28/03/2022)
Acara penutupan dan penyerahan hadiah Pengabdi Cup ke-VIII tahun 2022, Senin (28/03/2022). Foto: reaktifnews.com

REAKTIFNEWS.COM, Singkawang Kota – Pendidikan adalah proses memanusiakan manusia. Hal ini ditekankan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Singkawang, H. Asmadi, S.Pd. M.Si, saat mengikuti rangkaian acara penutupan dan penyerahan hadiah Pengabdi Cup ke-VIII tahun 2022, Senin (28/03/2022).

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa nilai-nilai karakter utama yang harus terwujud dalam sikap dan perilaku peserta didik sebagai hasil dari proses pendidikan karakter adalah jujur (olah hati), cerdas (olah pikir), tangguh (olah raga), dan peduli (olah rasa dan karsa).

“Pendidikan karakter seharusnya membawa peserta didik ke pengenalan nilai secara kognitif, penghayatan nilai secara afektif, dan akhirnya ke pengamalan nilai secara nyata. Inilah rancangan pendidikan karakter (moral) yang juga dikenal moral knowing, moral feeling, dan moral action,” jelas Asmadi.

Pengabdi Cup ke-VIII Kota Singkawang ini lanjut Asmadi dipandang sangat baik dalam rangka menggali potensi bakat dan kreativitas yang dimiliki. Hal ini juga menjadi tantangan tersendiri bagaimana para guru dapat mengeksplorasi potensi yang ada pada para siswa. “Dalam rangka itu tadi, kejujuran atau olah hati, kecerdasan atau olah pikirnya serta rasa kepedulian siswa tersebut atau rasa dan karsanya,” jelas Asmadi.

Apa lagi dalam kurikulum merdeka belajar seperti sekarang ini, dimana pendekatan bakat dan minat anak didik sangat ditekankan untuk dapat di eksplor oleh para guru-guru tersebut. Dalam kurikulum merdeka belajar para siswa dapat memilih pelajaran apa saja yang ingin dipelajari sesuai dengan bakat dan minatnya.

“Dalam media ini juga perlu saya sampaikan bahwa kita dalam waktu dekat juga akan mengadakan lomba-lomba dalam rangka menggali bakast siswa. Nanti banyak lomba yang akan kita adakan secara berjenjang, terpenting juga agar kita tidak menyerah dengan corona. Tingkatkan imun kita dan pastikan kita sudah melaksanakan prokes dan vaksinasi minimal didosis dua,” ujarnya.

Asmadi juga menghimbau kepada orangtua siswa, komite maupun paguyuban agar memastikan anak-anak sudah diberikan vaksin Covid-19. “Beginilah situasi dan kondisi hari ini, kehidupan harus dilangsungkan, proses pendidikan juga mesti berjalan dengan memenuhi persyaratan kesehatan yang digencarkan pemerintah terpenuhi,” pungkasnya.

Sementara itu, selain dihadiri jajaran Disdikbud Kota Singkawang turut hadir pula dalam penutupan dan penyerahan hadiah Pengabdi Cup Kota Singkawang ke-VIII tahun 2022 yakni Ibu Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie, S.E., M.H., beserta para undangan lainnya. (yenyen/RN)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.