Mengurai Macet, Jalur Bambang Ismoyo dan Jenderal Sudirman Perlu Bundaran

by -283 views
Sering macet kawasan ini perlu bundaran.
Mengurai kemacetan, perlu bundaran di jalur Bambang Ismoyo-Jenderal Sudirman Singkawang. (Dok/Foto: Agam/reaktifnews.com)

Singkawang – Warga Kota Singkawang tentu sudah mengetahui kotanya dalam 5 tahun terakhir sudah menjadi salah satu daerah yang padat lalu lintas dan sering mengalami kemacetan. Pasalnya, jumlah kendaraan meningkat baik motor dan roda empat serta dengan didukung jumlah penduduk yang terus bertambah.

Apalagi di daerah perempatan atau persimpangan jalan. Bahkan sudah banyak permasalahan mengenai kemacetan yang sering dikeluhkan warga, seperti kemacetan di perempatan Bambang Ismoyo, jelas Ridha Wahyudi, Senin (04/04/2022).

“Dulu pernah ada rencana pembangunan bundaran di jalur Bambang Ismoyo sekaligus menghubungkan Jenderal Sudirman. Padahal itu bagus, tapi sampai sekarang hampir satu periode Wali Kota belum juga realisasi,” ujar Ridha.

Sebenarnya ada upaya rekayasa lalu lintas pada lokasi tersebut, namun upaya mengurai kemacetan ini juga dipandang tidak efektif. Ia berharap kepada Pemerintah Kota Singkawang melalui dinas terkait memperhatikan benar permasalahan serta keselamatan pengguna jalan ini.

Sebagaimana diketahui, bundaran lalu lintas atau bundaran saja adalah suatu persimpangan tempat lalu lintas searah mengelilingi suatu pulau jalan yang bundar dipertengahan persimpangan. Bundaran lalu lintas mempunyai kapasitas sama seperti persimpangan yang dikendalikan dengan lampu lalu lintas.

Bila arus yang melewati bundaran semakin tinggi adakalanya pada beberapa pergerakan ditambahkan lampu lalu lintas untuk meningkatkan kapasitas bundaran lalu lintas. (Zack/RN)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.