Karhutla Terjadi Lagi di Singkawang Selatan

by -360 views
Kebakaran hutan dan lahan di Singkawang Selatan, Kota Singkawang.
Ketua P2KS Kota Singkawang, Malika, bersama pihak terkait di lokasi Karhutla Sedau, Minggu (17/4). Foto/Dok: reaktifnews.com.

REAKTIFNEWS.COM, Singkawang Kota – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), kembali terjadi di wilayah Jalan Bata Lirang Proyek Dalam RT53/RW8, Sedau, Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Minggu (17/04/2022).

Kali ini api membakar lahan yang termasuk vegetasi tanah gambut tipis termasuk didalamnya akasia, pakis dan semak. Karhutla diwilayah tersebut terjadi mulai kemarin, Sabtu (17/04/2022).

Hingga berita ini diturunkan, warga bersama pihak BPKS Kota Singkawang, BPBD, Manggala Agni, Babinsa, Polsek Singkawang Selatan, juga dipastikan turut serta berupaya memadamkan kobaran api yang setidaknya telah menghanguskan sedikitnya 5 Hektar lahan di lokasi tersebut.

“Anggota pemadam sudah dikerahkan ke lokasi untuk mengamankan. Utamanya area perkandangan serta rumah penduduk dan ini termasuk wilayah lahan gambut. Sekitar lima hektaran dari kemarin ini tetap kita upayakan dilakukan pemadaman,” terang Ketua Perkumpulan Pemadam Kebakaran Swasta (P2KS) Kota Singkawang, Malika, Minggu (17/4), kepada reaktifnews.com,.

Lanjutnya, selain Karhutla di wilayah tersebut berusaha untuk terus dikendalikan dan dilakukan pemadaman, dirinya memberikan apresiasi khususnya kepada Kapolsek Singkawang Selatan yakni Akp Inayatun Nurhasanah beserta jajaran yang sejak kemarin (Sabtu-red) terus aktif di TKP.

“Luar biasa ibu kapolsek selatan kita, Bu Ina dan jajarannya ini. Sejak jam 8 pagi beliau sudah turun di TKP bersama-sama kita. Saya pikir untuk sementara kondisinya masih terkendali sebab terbilang jauh dari pemukiman juga,” jelas Malika.

Ditegaskan pula oleh Malika, pihaknya tetap siaga satu sesuai komitmen BPKS dalam hal ini dua selang dari pemukiman pihaknya tetap turun untuk mengamankan kobaran api. (*Topan Wahyudi)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.