Asal Usul Panggilan “Mama” dan “Papa”

by -594 views
Asal-usul sebutan papa mama.
"Papa" dan "Mama" (Ilustrasi).

REAKTIFNEWS.COM, Singkawang Kota – Di masa sekarang, Papa/Mama telah menjadi panggilan atau sapaan umum anak terhadap orang tua, sebagaimana bentuk panggilan atau sapaan lain, semisal Ayah/Ibu, Bapak/Ibu, atau Papi/Mami.

Jika sapaan Bapak/Ibu atau Ayah/Ibu berasal dari bahasa Indonesia, bagaimana asal usul panggilan Papa/Mama?

Dari berbagai sumber diketahui bahwa panggilan Papa/Mama berasal dari zaman kolonial. Pada waktu Belanda menjajah Indonesia, orang-orang yang berpendidikan Belanda (dicirikan oleh kemampuan berbahasa Belanda) memakai kata sapaan pappie dan mammie, pappa dan mamma, atau pappaatje dan mammaatje. Dari kata sapaan itulah kemudian lahir sebutan Papi dan Mami atau Papa dan Mama.

Pada masa lalu, panggilan atau sapaan itu menandai bahwa orang bersangkutan berpendidikan Belanda. Karenanya, akan sangat aneh jika orang tua yang tidak menguasai bahasa Belanda tetapi anak-anaknya memanggil mereka dengan sebutan Papa/Mama atau Papi/Mami.

Di masa sekarang, ukuran semacam itu memang sudah tak berlaku lagi (tanpa mencirikan kemampuan bahasa Belanda-red), sehingga panggilan Papa/Mama pun digunakan oleh hampir semua lapisan masyarakat termasuk bagi sebagian dari masyarakat yang ada di Kota Singkawang.***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.