Sadar Lingkungan, Karang Taruna Pajintan Giat Baksos Areal Pemakaman

by -183 views
Baksos karang taruna Singkawang timur.
Pembersihan lahan pemakaman oleh karang taruna, pemuda dan masyarakat di desa Poteng Singkawang Timur.

REAKTIFNEWS.COM, Singkawang Kota – Puluhan pemuda Desa Poteng di Kelurahan Pajintan, Kecamatan Singkawang Timur, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, adakan baksos bersih-bersih ditempat pemakaman umum dan pemakaman yang kondisinya kurang terawat.

Dikatakan oleh Angelius Ewit mewakili Ketua Karang Taruna Kelurahan Pajintan, Kecamatan Singkawang Timur, Kota Singkawang, Kalimantan Barat ini kegiatan tersebut bakal dilakukan rutin.

Dalam kesempatan ini turut serta sekaligus melalui ketua RT 02 Kelurahan Pajintan Karnaen Ridwan ikut mengkoordinir warganya dalam giat bersih-bersih di pemakaman tersebut. Tak hanya itu, baksos ini juga didukung penuh jajaran Karang Taruna Kelurahan Pajintan beserta sebagian besar komunitas muda yang ada di Pajintan antara lain dari komunitas Singkawang Timur Bersaudara (STB) yang dikomandani Ari atau biasa disapa Ari Tapay.

Ewit yang menjabat selaku Sekretaris sekaligus mewakili Ketua mereka yakni Budi Pangalayo ini menyebut bahwa pemuda karang taruna khususnya di desa Pajintan merasa terpanggil untuk kegiatan Baksos seperti ini.

“Kegiatan ini bakal kita laksanakan rutin tiap minggu dengan tujuan memelihara lingkungan bersih, sejuk dan aman. Apalagi yang kita bersihkan kali ini pemakaman yang memang kondisinya ditumbuhi semak belukar,” ujar Angelius Ewit, Selasa (14/06) kepada reaktifnews.

Lanjutnya khusus untuk kegiatan Baksos membersihkan lahan pemakaman di desa Poteng Kelurahan Pajintan kali ini terus akan digalakkan oleh pihaknya bersama warga setempat hingga lokasi makam dimaksud dipastikan terawat dan bersih.

Sehingga diharapkan nantinya selain membuat semakin ramai serta nyaman para pengunjung untuk berziarah, termasuk menampilkan kesan pemakaman yang terawat.

Ewit juga berharap agar desa Poteng yang terkenal dengan keberadaan Gunung Poteng atau Gunung Jempol ini juga kembali menjadi primadona tujuan wisata di Singkawang.

Sebagaimana diketahui sebagai salah satu tempat tujuan wisata di Kota Singkawang khususnya di Kecamatan Singkawang Timur, gunung Poteng atau biasa disebut gunung jempol ini termasuk salah satu ikon Kota Singkawang.

“Di singkawang timur banyak tempat tujuan wisata termasuk yang ada di desa Poteng. Untuk itu perlu memang terus dibangun rasa kepedulian warga terhadap lingkungan termasuk lewat Baksos ini adalah ide kami sebagai pemuda Desa untuk menciptakan kelestarian lingkungan terutama dipemakaman yang selama ini kurang begitu diperhatikan,” tutup Ewit yang merupakan salah seorang tokoh muda di Singkawang Timur ini . (*twa/RN)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.