Optimalisasi Penerimaan, DLH Dan PERUMDA AMGP Singkawang Lounching Retribusi Persampahan

by -1,175 views
Lounching terkait retribusi persampahan bagi pelanggan Perumda AMGP bersama Dinas LH.
Optimalisasi penerimaan, lounching terkait retribusi persampahan bagi pelanggan Perumda AMGP bersama Dinas LH, Jumat (1/7).

REAKTIFNEWS.COM, Singkawang Kota – Pemerintah Kota Singkawang melalui Perumda Air Minum Gunung Poteng (AMGP) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Singkawang terhitung mulai 1 Juli 2022 resmi memberlakukan retribusi pelayanan persampahan atau kebersihan khususnya bagi pelanggan Perumda AMGP.

Acara lounching tersebut berlangsung di halaman kantor Perumda AMGP, Roban, Singkawang Tengah pada Jumat (1/7/2022). Turut hadir sekaligus meresmikan acara ini Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie, Ketua DPRD, Sekda sekaligus Ketua Dewan Pengawas Perumda AMGP, Direktur AMGP beserta jajaran, Pihak DLH serta para undangan lainnya.

Direktur Perumda AMGP Singkawang, Suriyandi, S.P., kepada REAKTIFNEWS menjelaskan, tarif retribusi tersebut dibagi pada 3 (kelas) berbeda. Diperuntukan yakni khusus rumah tangga, niaga kecil serta menengah. Berkisar mulai Rp10 ribu, Rp20 ribu untuk sosial khusus, lembaga dan industri kecil, menengah hingga industri besar. Tertinggi yakni Rp30 ribu yang diperuntukkan bagi golongan niaga besar.

“Kita siap mendukung langkah DLH dalam optimalisasi penerimaan retribusi persampahan/kebersihan dalam hal ini khusus bagi pelanggan kami. Inovasi ini juga berawal dari diskusi yang intens kedua pihak. Alhamdulillah, wujud komitmen dalam upaya menambah pendapatan daerah ini mulai kita seriusi dari sekarang,” ujar Suriyandi.

Lanjutnya, pihak Perumda AMGP maupun DLH akan terus berinovasi untuk mempermudah dan mempersingkat terkait sistem pembayaran maupun menentukan dengan tepat titik lokasi pembayaran pemungutan retribusi dimaksud.

“Nanti setelah disepakati lebih jauh dengan Dinas LH soal pembayaran retribusi persampahan ini dimana dilakukan pembayaran rekening air, disitu juga bisa kita laksanakan pembayaran retribusi persampahan,” tambahnya.

Ia berharap bentuk kerjasama ini dapat menciptakan Kota Singkawang yang nyaman dan bersih dari sampah. Termasuk diminta kepada seluruh jajaran ASN khususnya yang ada di lingkungan Pemkot Singkawang untuk dapat mensosialisasikan manfaat berikut tujuan diadakannya metode baru tersebut.

“Mimpi kita bersama adalah ingin menjadikan Kota Singkawang bersih. Supaya para tamu, wisatawan dan masyarakat Kota Singkawang semakin betah dan nyaman berada di Kota Singkawang,” tutup Suriyandi. (Roni/RN)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.