Ruas Jalan Propinsi KALBAR, Penghubung Bengkayang-Singkawang Memprihatinkan

by -348 views
Jalan penghubung Singkawang-Bengkayang rusak parah.
Rusak Parah; Jalan penghubung Singkawang-Bengkayang, Provinsi Kalbar. Foto/Dok: (Rinto/Bky)

REAKTIFNEWS.COM, Bengkayang – Ruas jalan yang menjadi kewenangan Provinsi Kalimantan Barat yang juga merupakan jalan penghubung antar kota Bengkayang ke kota Singkawang perlu penanganan serius, dari hasil pantauan awak media ini dilapangan banyak sekali titik jalan yang kondisinya berlubang dan tidak tersentuh adanya perbaikan, Senin (01/08/2022).

Ketua DPD LPK-RI Perwakilan Kalimantan Barat, Marvelle, ketika dihubungi mengatakan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi maka sudah selayaknya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat melalui Kementerian PUPR agar segera menganggarkan peningkatan dan perbaikan ruas jalan Provinsi yaitu ruas jalan Bengkayang-Singkawang.

“Ruas jalan tersebut sudah resmi menjadi hak dan tanggung jawab Pemprov Kalimantan Barat. Kondisi ruas jalan demikian sangat butuh peningkatan dan perbaikan,” ucap Marvelle.

Menurut ketua DPD Koalisi Wartawan Rangking Indonesia ( KWRI) Kalimantan Barat Iyel Zainal Rusaknya ruas jalan Singkawang dan Bengkayang kemudian banyak berlobang, disinyalir terbentur anggaran. “Seperti kurap ditubuh manusia, artinya di renovasi dengan cara pilih-pilih kesannya seperti sekarang. Asesmennya perlu di kaji kembali, andaikan kurang dana anggaran sebaiknya biarkan saja, sebab material yang digunakan harus jelas dan mengedepankan kualitas dan mutu,” kata Iyel Zainal.

Lanjut, Iyel Zainal mengatakan adapun perbaikan jalan Bengkayang-Singkawang hanya terjadi dibeberapa titik dan saat ini ada beberapa titik kondisi jalannya sudah berlubang, kwalitas pengerjaan jalan Bengkayang-Singkawang ini mesti dilakukan  evaluasi kembali.

“Anggrannya luar biasa, seharusnya hasil kinerjanya sudah tentu menghasilkan suatu pekerjaan yang lumayan bagus. Terbukti dilapangan sampai saat ini aktivitas kerja pun sudah ada tampak lagi,” tuturnya.

Iyel Zainal berharap jalan penghubung antar kota Bengkayang-Singkawang dapat tersentuh perbaikan serta perhatian pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat. Sebab pembangunan infrastruktur juga merupakan prioritas utama nasional di Indonesia dan penting bagi peningkatan akses masyarakat pada pelayanan dasar dan untuk meningkatkan produktivitas serta daya saing daerah.

Termasuk diingatkan pula agar warga maupun pengendara yang melintasi kawasan dimaksud mesti selalu berhati-hati.

Penulis : Rinto Andreas.
Editor : Redaksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.