Jumat Bersih, Camat Singkawang Tengah Ajak Warga Jaga Kebersihan Lingkungan

by -207 views
Jumat Bersih di Puskesmas Singkawang Tengah I.
Aksi gotong royong Jumat Bersih di lingkungan Puskesmas Tengah I, Kelurahan Condong Singkawang. Foto: (Istimewa)

REAKTIFNEWS.COM, Singkawang Kota – Perangkat pemerintahan di wilayah Kecamatan Singkawang Tengah, Kota Singkawang Kalimantan Barat bersama perangkat desa/kelurahan Condong melakukan gotong royong membersihkan halaman Puskesmas Tengah I, Jumat pagi (2/9/2022).

Aksi bersih-bersih lingkungan ini juga melibatkan pihak Puskesmas Tengah I, Badan Pemadam Kebakaran Swasta (BPKS) Tua Pekong, UPT Kebersihan, RT serta warga setempat.

Disampaikan pula Camat Singkawang Tengah kepada REAKTIFNEWS, Hasan Nasiruddin, S.H., bahwa secara umum Kegiatan Jumat bersih tersebut sebagai upaya menggugah masyarakat agar selalu memelihara kebersihan lingkungan dan membiasakan bersih di halaman rumah serta diri sendiri.

“Penting menjaga kebersihan lingkungan terutama di lingkungan sendiri. Dengan demikian warga sini khususnya bisa terhindar dari berbagai penyakit sehingga kita bisa hidup sehat, rapi dan nyaman” kata Hasan.

Sasaran bakti sosial Jumat Bersih yakni membersihkan saluran di sekitaran Puskesmas Tengah I. Hal ini bertujuan mengantisipasi saluran mampet/tidak mengalir, dan lingkungan Puskesmas Singkawang Tengah I di Kelurahan Condong khususnya terlihat lebih resik dan bersih.

“Ya tentu saja terlepas dari kondisi sarana puskesmas ini yang memang kita akui masih belum memadai, setidaknya apa yang bisa kita lakukan saat ini adalah menjaga lingkungan puskesmas kelihatan lebih bersih sekaligus memberikan contoh ke warga serta instansi lain khususnya di wilayah kecamatan Singkawang Tengah dengan semangat kebersamaan,” terang Hasan.

Camat Hasan Nasiruddin juga berharap kedepan Puskesmas Singkawang Tengah I nantinya dapat menjadi icon Puskesmas yang bisa dibanggakan oleh warga Kota Singkawang agar terwujud “Singkawang Hebat”.

Ia juga menghimbau, khususnya kepada warga yang berjualan malam hari dengan gerobak di lingkungan Puskesmas Singkawang Tengah I ini untuk turut serta menjaga kebersihan lingkungan areal dimaksud.

“Untuk warga kita, termasuk yang jualan dengan gerobak ini tidak buang sisa makanan, sisa minuman di selokan air hingga ini juga jadi penyebab selokan mampet. Musim hujan begini kembali saya mengajak warga untuk lebih giat gotong royong sebagai perwujudan kebersamaan kita dan ciri khas bangsa indonesia. Saya juga apresiasi dukungan dari segenap pihak khususnya dalam giat kali ini,” pungkas Hasan.

Sebagaimana diketahui, Puskesmas Singkawang Tengah I di Kelurahan Condong, Kecamatan Singkawang Tengah Kota Singkawang saat ini dipimpin oleh dr. Mulia Ananda. R. Pria kelahiran 27 April 1989 ini juga diketahui baru saja kembali dari menunaikan tugas selaku Petugas Kesehatan Haji (PKH) beberapa waktu lalu.

Editor: Topan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.