Gairahkan PHBS dan Hemat BBM, Sekda Ajak ASN Singkawang Bersepeda ke Kantor

by -373 views
Sekretaris Daerah Singkawang, Sumastro.
Sekretaris Daerah Singkawang, Sumastro. (DOK. reaktifnews.com/net)

REAKTIFNEWS.COM, Singkawang Kota – Pemerintah Kota Singkawang mulai memperkenalkan menggunakan sepeda ke tempat kerja (Bike to Work) di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Non ASN.

Sekretaris Daerah Singkawang, Sumastro, menjelaskan kepada REAKTIFNEWS menurut rencana pada Selasa pagi mendatang (13/9/2022) Setda Kota Singkawang bakal melakukan lounching kampanye “Bike to Work” atau lazimnya disebut bersepeda ke tempat kerja.

“Hari ini ditunda dulu karena cuaca kurang mendukung, insya Allah selasa pagi bike to work setda kota singkawang secara perdana kita mulai,” ujar Sekretaris Daerah Singkawang, Sumastro, Kamis (8/9/2022).

Dikatakan pula oleh Sekda Sumastro bahwa kampanye ini juga bagian dari upaya Pemkot Singkawang yang bertujuan untuk lebih menggairahkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta rangkaian kampanye guna menghemat BBM.

“Ini merupakan upaya kita agar peduli dan mengutamakan kesehatan serta bermanfaat untuk turut serta menjaga kelestarian lingkungan, termasuk hemat bahan bakar minyak (BBM). Nanti peserta gowes bike to work juga dikasi kupon undian, setiap bulan akan dikocok dan yang beruntung bakal dapat doorprize menarik,” ujar Sumastro.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, khusus ASN dan Non ASN di lingkungan Sekretariat Daerah Kota Singkawang akan memulai menggunakan sepeda ke tempat kerja pada Hari Kamis 8 September 2022. Kemudian, kata Sekda, pada minggu selanjutnya, Bike to Work di lingkungan Setda dilaksanakan setiap Hari Selasa.

“Check Point berada di depan pintu masuk kantor Wali Kota Singkawang (Pos Satpol PP) pukul 06.30-07.30 Wib,” ujarnya.

Menurutnya, sebelum melaksanakan Bike to Work, setiap ASN dan Non ASN harus memastikan kondisi tubuhnya dalam dalam keadaan sehat dan jarak antara rumah ke tempat kerja (kantor Wali Kota) maksimal 10 kilometer. “Pastikan Kondisi ASN/Non ASN sehat jasmani dan rohani, dan jarak rumah ke tempat kerja maksimal 10 kilometer,” katanya.

Ia berkeinginan memasyarakatkan menggunakan sepeda ke tempat kerja, khususnya bagi ASN dan Non ASN di lingkungan Pemkot Singkawang yang pelaksanaanya diserahkan kepada OPD masing-masing.

“Yang penting ada upaya kita untuk menggunakan kendaraan Non Motoris. Supaya kita segar, udara bersih, tidak polusi dan hemat energy,” pungkas Sekda Sumastro.

Editor: Topan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.