Musim Hujan Datang Lebih Awal, Waspada Banjir

by -608 views
Banjir beberapa waktu lalu di Singkawang.
Banjir di Singkawang beberapa waktu lalu. (DOK. reaktifnews/twa)

REAKTIFNEWS.COM, Singkawang Kota – Warga jalan Kesatriaan, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat, Kota Singkawang Kalimantan Barat, beberapa waktu lalu sempat mengabadikan foto kendaraan miliknya yang terpaksa diamankan dengan seutas kain agar tidak dihanyutkan banjir. Menurut pengakuan pemilik kendaraan, Deka (61), foto tersebut diambil saat kondisi banjir masih belum terlalu tinggi dan air belum memasuki rumahnya.

“Soal banjir singkawang ini sebagus apapun tata kelola air paling maksimal hanya dapat meminimalisir genangan saja. Misal yang tadinya tiga hari kemudian jadi sehari, ini karena topografi kota berikut kondisi kepadatan kota yang terus meningkat,” ujarnya, Jumat (09/09/2022).

Sementara itu, pemerintah Kota Singkawang hingga saat ini terus berupaya meminimalisir sekaligus melakukan penanganan banjir di Kota Singkawang. Pemkot melalui Dinas PU dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Singkawang khususnya oleh bidang Sumber Daya Air (SDA) juga menerjunkan beberapa alat berat, termasuk excavator amphibi.

Musim Hujan 2022-2023 Datang Lebih Awal

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang di sejumlah provinsi pada Minggu (4/9/2022).

Dalam sistem peringatan dini cuaca, BMKG di Jakarta, Minggu, memprakirakan wilayah yang berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang seperti di Aceh, Banten, DKI Jakarta.

Selanjutnya, Gorontalo, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatra Utara, dan Sumatra Selatan.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menyatakan puncak musim hujan Tahun 2022-2023 di wilayah Indonesia diprakirakan umumnya terjadi pada bulan Desember 2022 dan Januari 2023.

Dwikorita mengatakan sebanyak 295 zona musim (ZOM) atau 42,2 persen untuk wilayah yang mengalami puncak musim hujan di bulan Desember-Januari.

“Kesimpulannya adalah musim hujan pada tahun 2022-2023 datang lebih awal dibandingkan normalnya, dengan sifat hujan yang mirip atau sama dengan kondisi musim hujan biasanya,” ujar Dwikorita.

Dia mengatakan apabila dibandingkan rerata klimatologi, akumulasi curah hujan pada musim hujan periode 1991-2020, secara umum kondisi musim hujan pada 2022-2023 diprakirakan normal atau sama dengan rerata klimatologis pada 478 ZOM atau sebagian besar zona musim atau sebesar 68,38 persen. (RN/Yudi)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.