ASN Setda Jadi Pelopor Bike to Work di Kota Singkawang

by -1,617 views
Bike to Work ASN Setda Singkawang.
Bike to Work yang dipelopori Sekretaris Daerah Kota Singkawang, Sumastro, bersama ASN di lingkungan Setda Singkawang dalam upaya mendukung pengurangan emisi gas buang CO2, mengurangi ketergantungan kepada bahan bakar fosil, dan untuk mewujudkan Kota Singkawang yang semakin humanis. (DOK/Foto: Media Center Kominfo Singkawang/ reaktifnews.com)

REAKTIFNEWS.COM, Singkawang Kota – 30 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Non ASN di lingkungan Sekretariat Daerah Kota Singkawang mulai bersepeda ke tempat kerja. Hal ini merupakan upaya mendukung pengurangan emisi gas buang CO2, mengurangi ketergantungan kepada bahan bakar fosil, dan untuk mewujudkan Kota Singkawang yang semakin humanis.

Sekretaris Daerah Kota Singkawang, Sumastro, selaku tokoh penggagas kampanye Bike to Work ini menyebut bahwa bersepeda ke tempat kerja di lingkungan Sekretariat Daerah mulai rutin dilakukan.

“Bike to Work di lingkungan Sekretariat Daerah Kota Singkawang rutin dilakukan setiap Hari Selasa,” ungkap Sekda, Rabu (14/9/2022).

Ia mengatakan dari sekitar 90 ASN/Non ASN di lingkungan Sekretariat Daerah, baru 30 ASN dan Non ASN yang menggunakan sepeda ke tempat kerja.

“Kemarin pagi sudah mulai kita laksanakan, 30 orang ASN mulai mengikuti bike to work,” ujarnya.

Sumastro juga mengatakan pihaknya akan membakukan SOP atau aturan dari program bike to work ini. Diantaranya mobil dan kendaraan dinas roda 2 sedapat mungkin tidak digunakan sehingga program ini benar-benar berkorelasi dengan upaya penghematan BBM dan mengurangi polusi udara akibat gas buangan dari kendaraan bermotor.

“Kedepan, akan kita siapkan SOP atau aturan main dari program bike to work ini. Salah satunya mobil dan kendaraan dinas sedapat mungkin tidak digunakan setiap hari selasa,” katanya.

Lanjutnya jika setiap Selasa mampu diwujudkan “puasa BBM” bagi sebagian saja dari kendaraan dinas yang ada di Kota Singkawang, maka sudah tentu akan terjadi penghematan nyata BBM 1 hari kerja dalam seminggu.

“Kalau gerakan nyata tiap selasa ini bisa diterapkan pastinya banyak membawa manfaat. Kita juga sudah siapkan kupon berhadiah yang akan diundi setiap bulan dan minggu depan saya harap lebih ramai lagi yang mengikuti bike to work ini,” tutup Sumastro.

Editor: Topan Wahyudi Asri

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.