3 Tahun Berjalan, SPN Polda Kalbar Singkawang Diharapkan Melahirkan “Hoegeng-Hoegeng” Baru

by -673 views
spn polda kalbar di singkawang
Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Kalbar di Singkawang di Jalan Bhayangkara, Sagatani, Kecamatan Singkawang Selatan, Kalimantan Barat pada Kamis, (11/7/2024). (Foto: reaktifnews.com/Yudhistira)

REAKTIFNEWS.COM, SINGKAWANG – Tiga tahun berjalan sejak diresmikan pada 17 November 2020 silam, Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Kalbar di Singkawang yang berlokasi di Jalan Bhayangkara, Sagatani, Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang merupakan diantara sekolah yang ditujukan untuk membentuk Bintara Polisi dengan masa pendidikan setidaknya selama tujuh bulan.

Usai menjalani pendidikan, para siswa SPN Polda Kalbar di Singkawang juga diharapkan nantinya menjelma menjadi polisi yang jujur dan penuh pengabdian kepada rakyat, sebagaimana hal tersebut juga melekat pada sosok legendaris Kapolri periode 1968-1971 Jenderal Pol Hoegeng Imam Santoso.

Diantara aktivitas para siswa SPN Polda Kalbar di Singkawang juga yaitu melaksanakan latihan kerja di beberapa Polsek yang ada di Kota Singkawang.

Di Polsek Singkawang Tengah misalnya, sebanyak 26 siswa baru saja usai melaksanakan latihan kerja mulai 3 Juni hingga 4 Juli 2024 lalu di bawah pengasuh Danton IPDA Syarif Bahrun Alkadri.

Para siswa tersebut diberikan pengalaman dan pengetahuan dalam situasi nyata soal fungsi kepolisian, meliputi Reskrim, Intel, Samapta, Binmas, dan Lantas.

Diketahui pula, para siswa lulusan SPN Polda Kalbar di Singkawang nantinya juga akan mendapatkan pangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda) setelah lulus. Selanjutnya, dalam rentang waktu empat tahun, lulusan SPN Polda Kalbar di Singkawang juga nantinya mendapatkan pangkat Brigadir Polisi Satu (Briptu) dan empat tahun berikutnya dapat menjadi seorang Brigadir.

Setelah menjadi Brigadir, lulusan SPN memiliki kesempatan naik pangkat lagi menjadi Brigadir Polisi Kepala (Bripka). Setelah Bripka, pangkatnya akan menjadi Ajun Inspektur Dua (AIpda) dalam jangka waktu lima tahun dan Ajun Inspektur Satu (Aiptu) dalam dua tahun.

Selain untuk membentuk seorang Bintara Polisi, SPN juga ditujukan untuk membentuk Tamtama Polisi. Publik Singkawang berharap, seluruh siswa yang telah mengikuti seluruh proses pendidikan khususnya di SPN Polda Kalbar di Singkawang ini dapat senantiasa memegang teguh serta mengamalkan nilai-nilai luhur Tribrata dan Catur Prasetya sebagai pedoman dalam setiap langkah pengabdian insan bhayangkara sejati. (RN-TIM)

Editor: Topan
Pewarta: Asri

No More Posts Available.

No more pages to load.