Ada Senyum di Rumah Adat, Selamat Berkunjung di Kota Singkawang

by -1,209 views
rumah adat di kota singkawang kalimantan barat.
Beberapa rumah adat di Singkawang, Kalimantan Barat, sebagai salah satu identitas Singkawang, Kota Tertoleran di Indonesia.(Reaktifnews)

Singkawang, REAKTIFNEWS.COM

Dalam Wikipedia disebut bahwa Singkawang atau Sakawokng dalam bahasa Dayak Salako atau San-Kew-Jong adalah sebuah kota yang terletak di provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Kota ini terletak di sekitar 145 km sebelah utara dari ibu kota provinsi, Kota Pontianak, dan dikelilingi oleh pegunungan Pasi, Poteng, dan Sakkok.

Pemerintah kota Singkawang juga telah mengupayakan agar Singkawang yang didominasi setidaknya 3 etnis terdiri dari Tionghoa, Dayak dan Melayu tetap dapat hidup rukun bersama dengan etnis lainnya yang ada.

Perlambangan keharmonisan 3 etnis dominan ini juga turut diupayakan oleh pemerintah Singkawang dengan menghadirkan rumah adat tradisional yang merupakan salah satu indentitas bagi 3 etnis dominan Singkawang.

Setidaknya hingga saat ini di Singkawang telah berdiri kokoh beberpa rumah adat. Ada rumah adat Dayak di Jalan Baru, Kelurahan Sijangkung Kecamatan Singkawang Selatan dan rumah adat Melayu yang berdiri kokoh di Jl Alianyang Kelurahan Melayu, Kecamatan Singkawang Barat.

Upaya-upaya pemerintah daerah kota Singkawang agar dikenal inklusif atau sikap dengan pandangan positif terhadap sebuah perbedaan gencar dilakukan. Diantaranya melalui penghargaan yang disematkan berkali-kali oleh SETARA Institute kepada Kota Singkawang sebagai Kota Tertoleran di Indonesia.

Diketahui pula bahwa SETARA Institute merupakan sebuah lembaga swadaya masyarakat atau sebuah organisasi penelitian yang berfokus menjawab kebutuhan aktual masyarakat Indonesia khususnya.

Atas alasan itulah, dalam waktu dekat yakni sesuai rencananya pada 17-19 Oktober 2023 mendatang bakal digelar Festival HAM 2023 dimana Kota Singkawang merupakan tuan rumah bagi perhelatan tiap tahun atas kerjasama Komnas HAM, Kantor Staf Presiden (KSP) dan International NGO Forum Indonesian Development (INFID) yang bertujuan untuk mengarusutamakan nilai-nilai HAM kepada pemerintah daerah atau tingkat lokal.

Festival HAM 2023 di Kota Singkawang ini juga dipastikan turut dihadiri berbagai pihak baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Bahkan kesungguhan Pemerintah Kota Singkawang juga tidak main-main bagi menyambut para tamu yang bakal hadir ini, tiap sudut kota ditata sedemikian rupa dan imbauan agar masyarakat ikut andil mempersembahkan senyum sebagai citra tuan rumah yang ramah dan baik.

Para tamu dari dalam negeri dan luar negeri ini nantinya juga akan disuguhi ragam keunikan bercirikan Singkawang mulai dari wisata alam, kuliner, kerajinan, hingga budaya di Singkawang yang diharapkan nantinya membuat para pengunjung berdecak kagum. (Top)

No More Posts Available.

No more pages to load.