Aliansi LSM Perintis bakal Ukur Kepuasan Pelanggan Perusahaan Air Minum Plat Merah Singkawang

by -1,142 views

REAKTIFNEWS.COM, SINGKAWANG – Aliansi LSM Perintis Singkawang, Kalimantan Barat, dalam waktu dekat bakal melakukan kegiatan pengukuran secara komperhensif tentang tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh Perumda Air Minum Gunung Poteng (AMGP) Singkawang yang juga diketahui telah berhasil menjadi finalis Top BUMD Award 2024 berdasarkan penilaian Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyedia Air Minum (BPPSPAM).

“Survei akan kita laksankan di bulan ini dengan melibatkan sekitar 21 LSM yang tergabung dalam ALIANSI LSM PERINTIS Kota Singkawang sebagai surveyor dengan estimasi repondent sekitar 5%-10% dari sekitar 25.000 pelanggang aktif perumda gunung poteng singkawang,” ujar Kordinator Presedium Aliansi LSM Perintis Kota Singkawang, Muhammad Abdurrahman, kepada kantor berita Reaktifnews pada Minggu (2/6/2024) di Singkawang.

Pria yang kerap disapa Maman ini juga mengatakan bahwa hasil survei pihaknya ini nanti akan menjadi tolok ukur kinerja Perumda AMGP Singkawang selama kepemimpinan Suriandi SP yang menjabat sebagai direktur sejak November 2019 lalu.

“Survei kami ini nantinya lebih real. Tujuan kita selain ingin memastikan tingkat kepuasan masyarkat pelanggan sekaligus menjadi ukuran kinerja Perumda AMGP selaku perusahaan plat merah milik Singkawang selama lima tahun terakhir terhadap penyediaan air bersih,” ujarnya.

Maman yang juga Ketua LSM Fatwa Langit juga menjelaskan bahwa survei terkait pelayanan air bersih ini menjadi salah satu atensi Aliansi LSM Perintis Singkawang mengingat air bersih merupakan kebutuhan vital bagi masyarakat.

“Persoalan menyangkut layanan air bersih bagi masyarakat merupakan salah satu atensi Aliansi LSM Perintis. Selain kami juga sangat concern pada persoalan konflik agraria, mafia tanah serta tindak pidana korupsi,” pungkasnya.

Performa Bintang Empat Top BUMD Award 2024

Berdasarkan penilaian Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM), kinerja Perumda AMGP Singkawang mengalami tren yang meningkat dari 2,82 pada 2020 menjadi 2,97 pada 2021, kemudian naik lagi menjadi 3,07 pada 2022 dan pada 2023 meningkat jadi 3,10 (unaudited).

BPPSPAM juga menilai melalui kepemimpinan Suriandi SP yang menjabat sebagai direktur sejak November 2019 tersebut, kinerja Perumda Air Minum Gunung Poteng dalam lima tahun terakhir terus membaik hingga Perumda Air Minum Gunung Poteng terpilih menjadi salah satu BUMD finalis dari 250 BUMD terbaik yang masuk daftar penyelenggara TOP BUMD Awards 2024 lalu.

Sebagai informasi, di Provinsi Kalbar terdapat 14 kabupaten/kota dengan 13 PDAM. Ada satu kabupaten yang belum memiliki PDAM sendiri. Dari jumlah tersebut, 10 PDAM sudah berubah status menjadi Perumda Air Minum, sisanya masih berstatus PDAM.

Perumda AMGP Singkawang saat ini juga diketahui telah mengimplementasikan berbagai aplikasi untuk membantu operasional perusahaan dan layanan ke pelanggannya, diantaranya dengan memasang CCTV pada lingkungan kantor berikut semua Intake (3 tempat) dan IPA (4 tempat) sejak 2020 silam.

Bahkan aplikasi bernama APK Sakti Water HMI untuk memonitor tekanan air, PH air, serta level air di setiap IPA dan Intake juga sudah dimiliki perusahaan air minum plat merah kebanggaan warga Singkawang ini.

Tidak cuma itu, Perumda AMGP Singkawang saat ini juga memiliki aplikasi android Hello AMGP yang resmi diluncurkan pada 2021 lalu. Didalamnya ada beberapa menu seperti pendaftaran sambungan baru, pengaduan apabila air tidak mengalir atau pipa pecah, serta menu cek tagihan pelanggan.

Turut diketahui pula digitalisasi melalui web monitoring media sosial yang bisa menjadi sarana untuk memberikan informasi terbaru kepada pelanggan seperti perbaikan atau pengembangan-pengembangan yang dilakukan Perumda AMGP Singkawang juga tersedia melalui website: www.pdamgunungpoteng.com, Facebook: Perumda Singkawang, Instagram: @perumdam.gunungpoteng, Tiktok: @perumda.gunungpoteng, dan Youtube: @perumdaamgpkotasingkawang. (TIM-RN)

Editor: Topan
Sumber: Reaktifnews/Tim

No More Posts Available.

No more pages to load.