Anggota DPRD Singkawang 2024-2029 yang Terhormat Dilantik Usai Petunjuk Teknis Kemendagri

by -1,404 views
komposisi perbedaan gender dprd singkawang 2024-2029
Komposisi perbedaan gender di DPRD Singkawang 2024-2029. (REAKTIFNEWS.COM)

REAKTIFNEWS.COM, SINGKAWANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang, hingga saat ini diketahui belum dapat memastikan kapan tepatnya anggota DPRD Periode 2024-2029 akan mengucapkan sumpah atau janji mereka.

Pihak sekretariat DPRD Kota Singkawang Rabu, (28/2/2024) menyatakan kepada reaktifnews.com bahwa mereka masih menunggu petunjuk teknis dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Jika tidak ada perubahan regulasi, pelantikan anggota DPRD Singkawang terpilih bisa saja direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal September 2024 mendatang.

Turut ditegaskan pula bahwa mereka masih menunggu hasil akhir perhitungan suara yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Singkawang. Nama-nama calon yang berhasil meraih suara tertinggi di masing-masing Daerah Pemilihan (Dapil) akan menjadi kandidat untuk mengucapkan sumpah atau janji.

Proses pengucapan sumpah atau janji akan diatur sesuai dengan petunjuk dari Mendagri, yang diusulkan oleh KPU melalui Gubernur. Keanggotaan anggota DPRD Kota Singkawang akan resmi setelah mendapatkan keputusan dari Mendagri, dan proses pengucapan sumpah atau janji akan disesuaikan dengan akhir masa jabatan anggota DPRD sebelumnya.

Turut dijelaskan bahwa akan dilakukan pula Rapat Koordinasi Teknis Persiapan Orientasi bagi Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Singkawang, yang diamanatkan oleh undang-undang. Orientasi bagi anggota DPRD Singkawang Periode 2024-2029 nantinya akan diputuskan setidaknya pada September 2024 mendatang.

Diketahui, DPRD Kota Singkawang terdiri dari 30 kursi yang tersebar di beberapa Daerah Pemilihan (Dapil), antara lain: Kecamatan Singkawang Barat (7 kursi), Kecamatan Singkawang Tengah (9 kursi), Kecamatan Singkawang Utara dan Timur (7 kursi), dan Singkawang Selatan (7 kursi).

Berikut nama-nama anggota DPRD Singkawang periode 2024-2029 dari berbagai sumber yang dihimpun reaktifnews.com yakni:

Dapil 1 (Singkawang Barat)
1. Sujianto ( PDIP )
2. Messy Tandora ( PKB )
3. Sumberanto Tjitra ( NasDem )
4. Afriza Rusandi ( PKS )
5. Anton Triady ( PDIP )
6. Tambok Pardede ( Demokrat )
7. Tri Wahyudi ( PAN )

Dapil 2 (Singkawang Tengah)
1. Viky Romansyah ( PKB )
2. Mubarak ( PAN )
3. Su Mian ( PDIP )
4. Agus Ikhsan ( Demokrat )
5. Sitti Syamsiah Hutapea ( Golkar )
6. Sodi M Idris ( PKS )
7. Suhandi ( Gerindra )
8. Rahman Jar’ie ( Hanura )
9. Karmayadi ( PKB )

Dapil 3 (Singkawang Timur & Utara)
1. Muhammadin ( PAN )
2. Sutopo Aryanto ( NasDem )
3. Hendri ( PDIP )
4. Veni Selfiati ( PKB )
5. Elzi Syaiyid ( Golkar )
6. Paryanto ( PKS )
7. Tajul Arifin ( PAN )

Dapil 4 (Singkawang)  Selatan
1. Tjhai Bui Liong ( Golkar )
2. Susi Wu ( NasDem )
3. Lie Khian Loy ( PDIP )
4. H. Herman ( PKS )
5. Yulius Yoris Anes ( Demokrat )
6. Reni Asmara Dewi ( PKB )
7. Harry Sarasati Eidha Sugeng ( Gerindra )

Sementara nantinya itu usai dilantik, para anggota DPRD Singkawang ini juga akan melaksanakan paripurna guna menyiapkan serta membahas alat kelengkapan dewan (AKD).

AKD ini biasanya terdiri dari pimpinan DPRD, Badan Musyawarah (Bamus), Komisi, Badan legislasi (Baleg), Badan Anggaran (Banggar), Badan Akuntabilitas Keuangan Daerah, Badan Urusan Rumah Tangga (BURT), Majelis Kehormatan Dewan (MKD) dan panitia khusus yang memiliki tugas dan fungsi masing-masing.

Bagi-bagi jatah alat kelengkapan dewan tersebut juga biasanya ditentukan berdasarkan komposisi perolehan masing-masing kursi partai.

Berikut komposisi DPRD Kota Singkawang Periode 2024-2029 dari perolehan jumlah kursi berdasarkan hasil rekapitulasi di 4 dapil yang meliputi 5 Kecamatan di Kota Singkawang dari berbagai sumber.

Jumlah kursi partai tersebut jika dilihat dari perolehan kursi sementara yakni ketua dewan dari unsur PDIP (5 Kursi) 18.725 suara. Wakil ketua dewan I yakni dari partai PKB (5 Kursi) dengan 16.810 suara dan wakil ketua Dewan II yakni PAN (4 Kursi) atau 14.154 suara.

Sementara pada periode kali ini juga DPRD Singkawang diperkirakan akan terdapat 7 Fraksi utuh didalamnya termasuk dari 3 unsur pimpinan diatas tersebut.

Fraksi tersebut yakni PKS (4 kursi) dengan 10.233 suara, Fraksi NasDem (3 kursi) dengan 13.260 suara, Fraksi Golkar (3 kursi) dengan perolehan 11.470 suara, dan Fraksi Demokrat (3 kursi) sejumlah 9.932 suara.

Untuk gabungan diprediksi antara partai Gerindra (2 kursi) dengan 8.762 suara dan Hanura (1 kursi) dengan 7.455 suara. Dari komposisi perolehan kursi tersebut diatas juga dapat diketahui setidaknya 22 anggota DPRD Singkawang dari kalangan muslim dan 8 orang lainnya dari kalangan non muslim.  (top/tim/asr)

No More Posts Available.

No more pages to load.