Bukan Memperbaiki Tanggul Penyebab Banjir, Singkawang Lebih Memilih Bandara dan Menghadirkan Kelenteng Terbesar

by -646 views
peletakan batu pertama dan progres pembangunan kelenteng terbesar di kalbar
Foto: Peletakan batu pertama kelenteng terbesar di Kalbar pada November 2022 silam dan progres pembangunan dari pantauan udara. (Istimewa/RN/tim)

Singkawang, REAKTIFNEWS.COM

Alih-alih bukan mengatasi masalah jebolnya tanggul di Kelurahan Semelagi yang telah berusia puluhan tahun di Kecamatan Singkawang Utara yang karena usia, yang lantas menjadi penyebab utama banjir tiap tahunnya dan merendam ratusan rumah hingga membuat cemas masyarakat di kawasan itu.

Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang saat ini justru tengah berproses menyelesaikan beberapa mega proyek, diantaranya mewujudkan Bandara Singkawang. Terkait hal ini juga sebelumnya juga turut hangat diberitakan oleh banyak media belum lama ini.

Bandara Singkawang pastinya nanti akan lebih memberi kemudahan masyarakat dari kalangan menengah atas untuk mengakses berbagai keperluan, mulai dari even maupun bisnis di Kota Singkawang.

Sekedar untuk diketahui, khusus untuk Bandara Singkawang, Pemkot Singkawang setidaknya mengusulkan anggaran Rp740 Miliar hanya untuk pembangunan jalan akses menuju Bandara ke pemerintah pusat pada 2023.

“Pengajuannya ada tiga tahap, dengan luas jalan sekitar 50 meter dan panjang 10.115 meter, flyover dan sebagainya,” kata Tjhai Chui Mie saat masih menjabat Walikota Singkawang, Senin (22/8/2023) dikutip dari Antara.

Senada hal tersebut, proses mewujudkan Bandara Singkawang hingga saat ini juga turut digaungkan oleh Penjabat (Pj.) Walikota Singkawang, Sumastro, pada saat meninjau progres pembangunan Bandar Udara Kota Singkawang belum lama ini.

“Sampai saat ini pembangunan bandara Singkawang terus berproses seiring dengan perkembangan pembangunan yang di dukung oleh berbagai stakeholder dan donatur serta komitmen dari seluruh masyarakat dan Pemerintah Kota Singkawang. Bandar Udara Kota Singkawang ini dapat terwujud dan segera diresmikan oleh pemerintah pusat di awal 2024 ini,” ucap Sumastro di Singkawang, Senin (8/1/2024)

“Inilah bagian dari spirit Kota Singkawang yang ingin betul-betul kedepannya menjadi bagian dari kebanggaan Indonesia dan menjadi pusat pertumbuhan di kawasan utara Kalimantan Barat,” kata Sumastro lagi.

Selain bandara Singkawang, sejak 2022 di Kota Singkawang juga tengah berjalan pembangunan Kelenteng terbesar di Kalimantan Barat.

Kelenteng Thian Wang Kiung atau Thian Bong Kiung masyarakat Tionghoa Singkawang menyebutnya. Kelenteng ini tengah dibangun di Jalan Cong Longkong, Kelurahan Pangmilang, Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang.

Kelenteng megah ini mempunyai lahan seluas 1 hektare dan dibangun diatas perbukitan, pembangunannya diprakarsai oleh Yayasan Setia Negara (YSN).

Saat peletakan batu pertama Kelenteng dengan nama lain Empat Raja Langit ini pada November 2022 silam turut hadir saat itu diantaranya Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie dan termasuk pula Wakil Ketua Komisi IV DPR-RI Daniel Johan, serta para undangan dan donatur lain pastinya. (top/tim/RN)

No More Posts Available.

No more pages to load.